» » » AKBP Rachmat Kurniawan : Personil Polri Wajib Hafal Tribrata dan Catur Prasetya

AKBP Rachmat Kurniawan : Personil Polri Wajib Hafal Tribrata dan Catur Prasetya

Penulis By on Senin, 12 Maret 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, SH, S. IK, MM memimpin Apel Pagi dihalamaan Polres Sanggau. Kegiatan Apel pagi yang diambil langsung oleh Kapolres dimulai dari penunjukan personil secara acak untuk tampil kedepan mengucapkan Tribrata dan Catur Prasetya, Senin (12/03) pagi.

Dua personil secara acak yang dipilih langsung oleh Kapolres Sanggau yakni anggota Sat Lantas Polres Sanggau dan anggota Sat Reskrim Polres Sanggau.

Terkait dengan pengucapan ini, Rachmat Kurniawan dalam arahan singkatnya mengatakan bahwa setiap anggota Polri wajib menghafal agar bilamana dipilih menjadi pengucap, tidak membuat malu diri sendiri di hadapan seluruh peserta apel dengan salah mengucap ataupun lupa.

“Prinsip saya, semua anggota wajib hafal dan bisa tampil didepan rekan-rekannya. Jadi tidak perlu kita memandang dari segi pangkat, semua harus bisa jadi pengucap dan yang paling penting setiap personel Polri wajib mengamalkan isi yang terkandung dalam, Tribrata dan Catur Prasetya,” ucap Kapolres Sanggau.


AKBP Rachmat Kurniawan juga menekankan kepada seluruh Personil Polres Sanggau baik perwira ataupun Bintara, dalam kesibukan apapun Tribrata dan Catur Prasetya harus di hafal, dihayati dan dimengeti serta diaplikasikan dalam tugas sehari-hari.

“Saya minta kepada para Kabag, Kasat, Kasi dan Perwira staf untuk benar-benar mengecek keberadaan anggotanya dengan jelas dan bisa dipertanggung jawabkan siapa yang sedang melaksanakan tugas luar, sakit, lepas piket dan yang mangkir / tidak ada keterangan,” pintanya.

Saat mengambil apel pagi, agar Perwira Staf secara acak menunjuk anggota baik senior maupun junior untuk  tampil mengucapkan Tribrata dan Catur Prasetya. “Dengan demikian Dengan demikian ketika di tunjuk semua personil sanggau baik perwira maupun bintara semuanya hafal juga dapat di aplikasikan dalam menjalankan tugas sehari hari si funngsinya. Dengan demikian polri akan profesional.dalam menjalankan tugasnya dan akan selalu dicintai oleh masyarakat” pungkasnya.


Penulis : Sukadar / Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya