» » » Satu Pleton Satuan Sabhara Ikuti Apel Hari Berkabung Daerah

Satu Pleton Satuan Sabhara Ikuti Apel Hari Berkabung Daerah

Penulis By on Rabu, 04 Juli 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Satu Pleton Satuan Sabhara Polres Sanggau yang di pimpin oleh Aiptu Sukina hadiri apel Hari Berkabung Daerah tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Sanggau, Rabu (4/7).

Dalam apel ini di ambil langsung oleh wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Sedangkan untuk peserta Apel terdiri dari 1 Pleton pasukan dari Satuan Sabhara Polres Sanggau, pihak Forkopimda, Intansi pemerintahan serta hadir juga Bhayangkari Cabang Sanggau yang dihadiri langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau Ny. Yuyun Rachmat.

Pada tahun ini apel memperingati Hari Berkabung Daerah tahun 2018 ini mengusung tema Meraih Jati Diri Sebagai Bangsa yang Maju dan Mandiri adalah Cermin Sikap dan Prilaku Pahlawan Sejati dengan tujuan Kita Lestarikan Semangat Kejuangan Bangsa untuk Tepat Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot i menyampaikan bahwa lahirnya Peraturan Daerah yang mengatur tentang Peristiwa Mandor pada tanggal 28 Juni 1944 sebagai Hari Berkabung Daerah dikarenakan pada masa itu telah terjadi pembantaian massal tanpa batas etnis dan ras oleh tentara Jepang.

Untuk mengenang hal tersebut diterbitkanlah Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada tanggal 28 Juni Sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat melalui paripurna DPRD Kalimantan Barat dan merupakan bentuk kepedulian sekaligus apresiasi dari DPRD terhadap perjuangan pergerakan nasional yang terjadi di Mandor.


Penulis : Akri Renaldi
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya