» » » Kapolsek Parindu Hadiri Pelatihan Peningkatan Kampuan Linmas Kecamatan Parindu

Kapolsek Parindu Hadiri Pelatihan Peningkatan Kampuan Linmas Kecamatan Parindu

Penulis By on Minggu, 05 Agustus 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Bertempat di Gedung UDKP Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau  telah dilaksanakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Linmas dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan, penanganan bencana dan pengamanan Pilkades serta pelaksanaan simulasi, Sabtu (4/8) Pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Parindu Drs. Paulus Usrin, M. Si, Kapolsek Parindu Iptu Sapja, Danramil  Parindu  Kapten Hadi. K, Waka Polsek Parindu Aiptu Sadun, Badan Pemadam Kebakaran Parindu sdr. Adrianus,  Kades dan Anggota Linmas dari Desa Pusat Damai, Suka Mulya, Maju Karya, Maringin Jaya, Gunam dan Pandu Raya serta Tokoh masyarakat Kecamatan Parindu.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Parindu Iptu Sapja menyampaikan Pembahasan tentang  Pencegahan dan larangan  kebakaran hutan dan lahan sesuai ketentuan UU  No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan  Lingkungan Hidup, UU No. 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan serta Pasal 189 KUHP.


“Untuk menghindari terjadinya pembakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab kita bersama  serta sinergitas pemerintah, TNI, Polri, Dinas Instansi dan perusahaan serta seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan peran sertanya, guna terciptanya indonesia bebas dari kabut dan asap akibat pembakaran hutan dan lahan dalam rangka mensukseskan Asian Games 2018,” ucap Kapolsek Parindu

Lanjutnya, Dengan telah dibentunya satgas anti api / satgas karhutla di tingkat desa diharapkan mampu mencegah dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Apabila masyarakat akan melakulan pembakaran lahan diharapkan melaporkan kepada Kepala Desa untuk didata  dan diberikan himbauan guna antisipasi terjadinya pembakaran lahan secara besar besaran  dan pelaksanaannya diawasi dan memberitahukan kepada aparat guna memudahkan dalam  pengawasannya,” terangnya.


Mengenai Narkoba yang saat ini sangat meresahkan, Kapolsek Parindu mengajak untuk bersama-sama berantas narkoba, karena Narkoba adalah musuh kita semua  berikan informasi manakala didaerah masing masing ada indikasi pengedar maupun pengguna Narkoba diharapkan saling bekerja sama antara Pihak Kepolisian dengan masyarakat untuk memberantas narkoba.

Iptu Sapja juga menjelaskan Tugas linmas, adalah melindungi Masyarakat manakala terjadi suatu peristiwa diwilayahnya maka Linmas wajib melaporkan kepada Kades dan melakukan penanganan awal, Membantu   pengamanan di TPS pada pelaksanaan Pemilihan Kades pada bulan November, serta  pengamanan  Pileg dan Pilpres pada tahun 2019 serta Melakukan pengamanan pada saat masyarakat melakukan kegiatan kemasyarakatan bersama sama dengan Polri.

“Kegiatan  pelaksanaan pelatihan peningkatan kemampuan Limas tersebut  dilakukan adalan bertujuan sebagai upaya agar Linmas mendapatkan ilmu / bekal dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat diwilayahnya masing masing manakala terjadi suatu peristiwa kejadian dapat diaplikasikan dilapangan,” pungkasnya.


Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya