» » Meresahkan, Polisi Dan Masyarakat Kejar Pelaku Pencurian

Meresahkan, Polisi Dan Masyarakat Kejar Pelaku Pencurian

Penulis By on Senin, 27 Agustus 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau, Anggota Polres Sanggau berhasil amankan pelaku pencurian berinisial KB (25) yang diduga kuat melakukan tindak pidana pencurian disejumlah wilayah dikabupaten sanggau dalam 1 bulan terakhir, pelaku ditangkap dijalan Ph. Sulaiman Pakunegara pada Minggu, 26/08/18.

Penangkapan pelaku yang membuat resah masyarakat tersebut dilakukan berkat adanya sinergitas antara masyarakat khususnya warga Rt. IV kelurahan tanjung sekayam kecamatan kapuas kabupaten sanggau ini bersama anggota Polres Sanggau, penangkapan tersebut berawal dari adanya beberapa rumah warga di Gg. Ratu Ayu III yang menjadi korban pencurian yaitu sdr. Ade Irwansyah dan 5 TKP lain yang sama dalam waktu 1 bulan terakhir di RT yang sama.
  
Perbuatan KB ini membuat warga ratu ayu lingkungan kantu ini menjadi berang sehingga berniat melakukan penggerebekan rumah pelaku yang memang sudah diketahui pada saat dilaksanakan rapat Rt untuk mengetahui identitas pelaku dengan mengetahui ciri ciri yang dimiliki daripada saksi, kegiatan rapat tersebut juga dihadiri oleh anggota polres sanggau yang memang kebetulan berdomisili di Rt tersebut, setelah membuat laporan Polisi di Polsek Kapuas dari para korban kemudian terjadi kejadian pencurian kembali yang dilakukan pelaku, dan inilah puncak yang membuat warga kesal terlebih setelah mengetahui identitas pelaku.


Naas pada saat malam yang direncanakan untuk melakukan penggerebekan terdengar beberapa info bahwa pelaku masih berkeliaran di seputaran Rt IV Gg. Ratu Ayu ini, hal tersebut yang membuat warga menjadi urung untuk menuju rumah pelaku dan memilih untuk menunggu dilingkungan RT tersebut, tidak beberapa lama beberapa warga yang ditunjuk untuk melakukan pembuntutan terhadap pelaku melalui lokasi poskamling yang banyak dipadati masyarakat dan berteriak bahwa sambil menunjuk kearah depan motornya dan berteriak "itu pelakunya" spontanitas motor yang terparkir dengan penunggang yang berada diatas motor bak film holywod bersama dengan anggota polres sanggau mengegas motornya untuk mengejar pelaku yang saat itu menggunakan kendaraan R2 warna merah merk Shogun.


Kejar kejaranpun terjadi dan sekitar jarak 1km tim bentukan Polisi dan Masyarakat ini berhasil menghentikan laju kendaraan pelaku dan melakukan penggeledahan badan yang dilakukan oleh anggota polres sanggau dan kemudian membawa pelaku ke Mapolres Sanggau untuk diperiksa, "beruntung pelaku cepat diamankan dan warga berhasil diredam emosinya karena dalam waktu beberapa detik lokasi sudah dipenuhi oleh puluhan masyarakat dan dikhawatirkan terjadinya aksi main hakim bisa repot" ucap salah satu warga yang ikut menyaksikan pada saat itu.


"Ini luar biasa, untuk kesekian kalinya RT kami berhasil dijauhkan dari kejahatan, masyarakat juga lega karena pelaku yang sangat meresahkan ini berhasil ditangkap, karena warga jadi takut untuk meninggalkan rumah karena komplotan ini masih berkeliaran dan ini semua juga berkat kerja keras kekompakan serta sionergitas yang baik dengan pihak kepolisian, luar biasa" ucap Indra salah satu warga Rt. IV lingkungan Kantu.

Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan beberapa barang bukti diantaranya Handphone, tabung gas, laptop, dompet yang disimpan dirumah AN (30) yang diperkirakan adalah penadah hasil kejahatan yang dilakukan KB, kedua pelaku kemudian diamankan kini di mapolres sanggau untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.



Penulis  : Muhammad Aulia

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya