» » » Polres Sanggau Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Polres Sanggau Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Penulis By on Jumat, 25 Januari 2019 | No comments



Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH melaksanakan acara penandatanganan Fakta Integritas pada pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di seluruh jajaran Polres Sanggau yang dilaskanakan di Lapangan Mapolres Sanggau, Jumat (25/01/2019).
Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M. SI, Dandim 1204 atau yang mewakili, Forkopimda Kabupaten Sanggau, Kepala Dinas Instansi Kabupaten Sanggau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Para Kabag, Kasat dan Para Kasi,  serta Kapolsek Jajaran dan Anggota Staf Polres Sanggau.
Dalam amanatnya Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH memanjatkan Puji syukur ke hadirat Tuhan YME, atas karunia-Nya saat ini kita dapat hadir ditempat ini dalam acara pencanangan pembangunan Zona Integritas Polres Sanggau Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Mengawali Kata Sambutannya Kapolres mengajak untuk lihat beberapa agenda besar yang telah terlaksana di Kabupaten Sanggau dan sukses kita amankan bersama antara lain perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019 yang diisi juga dengan kegiatan Patroli Bepadah, Pelayanan SIM dan SKCK Keliling.
Keberhasilan dalam pengamanan dan penyelenggaraan agenda tersebut merupakan hasil dari kerja bersama, kerja yang saling sinergi antar instansi pemerintah maupun masyarakat di Kabupaten Sanggau, dan sebagai bukti nyata terhadap tingginya toleransi di Kabupaten Sanggau.

Pada semester satu tahun ini, tersisa dua agenda besar yang kembali akan kita sukseskan yaitu perayaan Imlek 2570 dan perayaan Cap Go Meh 2019, serta Pemilu 2019 khususnya tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. “Dengan modal yang telah kita miliki berupa sinergitas dan toleransi Kabupaten Sanggau, Kami yakin pelaksanaan agenda besar tersebut dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar,” ucap Kapolres Sanggau membacakan amanatnya.
Seiring berubahnya zaman, tuntutan masyarakat semakin berubah, transparansi menguat, pelayanan publik pun semakin diharapkan memudahkan urusan masyarakat, praktik suap dan pungli menjadi musuh bersama, publik juga mengharapkan unsur pelayanan pemerintah yang berbelit makin dipangkas. Karena yang dibutuhkan kedepan adalah kecepatan, cepat melayani, cepat beradaptasi, cepat mengadopsi hal baru, dan cepat mengejar ketinggalan.
“Zona integritas merupakan miniatur dari implementasi reformasi birokrasi, dalam pembangunannya terdapat enam komponen pengungkit dan dua komponen hasil yang harus dicapai semaksimal mungkin. Dengan terbangunnya zona integritas, maka target-target dalam Roadmap reformasi birokrasi secara otomatis dapat tercapai,” ungkapnya.
Tahun 2019 ini merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaan Roadmap reformasi birokrasi tahun 2015-2019. Dalam tahapan ini, pemerintah menargetkan terwujudnya “Birokrasi Berkinerja Tinggi” melalui tiga sasaran, yakni, birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, dan birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.
Seluruh aparatur negara, baik bhayangkara Polri, prajurit TNI maupun ASN pada kementerian/ lembaga, pemerintah pusat hingga daerah, sejatinya dan hakikatnya adalah alat negara, perpanjangan negara untuk hadir melayani di tengah masyarakat, dan menjalankan program negara untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Maka, framework kita harus utuh, bahwa pengabdian terbaik kepada masyarakat harus dilandasi oleh perubahan paradigma birokrasi yang semakin modern dan profesional, bukan terkungkung pada sesuatu yang kaku, patologis, tradisional apalagi tidak merespon perkembangan zaman. Perubahan-perubahan itu harus menyeluruh dari kepala sampai telapak kaki, dari pejabat pimpinan tinggi sampai level pelaksana. Bukan berubah karena mengikuti keadaan semata, tapi berubah karena kesadaran. Berubah sebagai manifestasi komitmen untuk melayani, dari seluruh jajaran organisasi sampai kepada unit-unit terkecil.
Pada skala global saat ini, Indonesia dan dunia sedang menghadapi perubahan yang cepat di era Industri 4.0 (four poin zero) yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik. Untuk itu, kita sebagai aparatur pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Sanggau wajib mendukung upaya-upaya yang telah diprogramkan oleh pemerintah agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lainnya.
“Polres Sanggau yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), memikul satu amanat penting, masyarakat harus merasakan manfaat predikat ini melalui pelayanan yang berkualitas dan birokrasi yang berkinerja tinggi. Selaras dengan hal tersebut, Polres Sanggau juga diharapkan mampu menginspirasi instansi pemerintahan lainnya di Kabupaten Sanggau untuk terus mendukung, mengimplementasikan, dan mengembangkan pergerakan reformasi birokrasi,” kata Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi.
Dengan momentum acara hari ini, Tambah Kapolres Sanggau, kami bertekad, ke depan Polres Sanggau selaku pelaksana tugas dan wewenang Polri di wilayah Kabupaten Sanggau dapat menggali lebih dalam apa yang diinginkan dan diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya terhadap pelayanan Polri yang ada pada Polres Sanggau. Polri memiliki lambang tersendiri yang harus mampu dan wajib membuktikan kepada masyarakat “Rastra Sewakottama”nya, yang berarti Polri adalah abdi utama daripada Nusa dan Bangsa. Segenap aparatur Polri harus menjauhkan diri dari sikap dan tindak sebagai "Penguasa". Polri tumbuh dan berkembang dari rakyat, dan untuk rakyat, Prinsip tersebut juga sejalan dengan paham kepolisian di semua Negara yang disebut New Modern Police Philosophy, yakni "Vigilant Quiescant" (kami berjaga sepanjang waktu agar masyarakat tentram).

Diakhir amanatnya Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi mewakili seluruh personel Polres Sanggau, mencanangkan pembangunan Zona Integritas Polres Sanggau dari Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” tandasnya.
Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya