» » » Kompolnas: Keyakinan Saya Kedepannya Kalbar Aman Terkendali

Kompolnas: Keyakinan Saya Kedepannya Kalbar Aman Terkendali

Penulis By on Kamis, 21 Februari 2019 | No comments


Polda Kalbar - Polda Kalimantan Barat mendapatkan kunjungan kerja dari Komisi Kepolisian Nasional terkait dengan Pengamanan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Provinsi Kalbar, pada Rabu (20/2) sekitar pukul 08.00 WIB.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Graha Polda Kalbar tersebut dihadiri oleh Tim dari Kompolnas yang dipimpin oleh Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH didampingi Wakapolda Kalbar, para Pejabat Utama, dan para Kapolres.
Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono menjelaskan terkait langkah langkah apa saja yang dilakukan Polda Kalbar dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres di Provinsi Kalimantan Barat.
Kapolda menjelaskan bahwa tantangan bagi wilayah Kalimantan Barat ialah karena provinsi Kalimantan Barat dinilai sebagai daerah yang berpotensi terjadi Konflik Horizontal bernuansa sara yang diperkuat dengan catatan sejarah Kalbar yang sarat akan konflik sosial.
"Hambatan muncul dari karakteristik penduduk Kalbar yang heterogen, mudah terprovokasi, labil, gampang di bujuk, serta cepat melupakan kesalahan," ujar Kapolda Kalbar.
"Hambatan lainnya juga muncul karena kondisi medan atau geografis Kalbar yang pada beberapa daerah tentunya sulit untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019," tambah Kapolda.
Untuk mengatasi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan kendala di atas, Polda Kalimantan Barat mencoba mengambil beberapa langkah antisipasi dengan mengutamakan tindakan preventif proaktif meliputi kegiatan kegiatan, contohnya seperti dibidang intelijen untuk membuat pemetaan kerawanan dan penggalangan. Bidang Binmas untuk melakukan operasi Binmas di titik rawan konflik dalam rangka meredam Gejolak dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. Bidang Kehumasan seperti manajemen media, kampanye, himbauan, dan sosialisasi.
Selain itu Kapolda Kalimantan Barat juga mengungkapkan beberapa program yang telah dijalankan di tahun 2019 ini. Program-program ini juga berjalan dengan kebijakan pemerintah Kalimantan Barat yang ingin mewujudkan percepatan Desa Mandiri yang di mana tentu nantinya, Bhabinkamtibmas dan Polsek menjadi basis solusi dan pengawas dalam pemanfaatan Dana Desa guna mewujudkan Desa Mandiri tersebut.

Terakhir Kapolda Kalbar juga berharap dengan adanya upaya dan strategi yang telah dilakukan oleh Polda Kalimantan Barat, Pemilu dapat terlaksana dengan sukses dan bermartabat sehingga nilai-nilai demokrasi tersebut dapat mendukung pembangunan nasional khususnya di Kalimantan Barat.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda Kalbar sangat berterima kasih atas kunjungan kerja Komisioner beserta tim Kompolnas di Polda Kalbar dalam rangka Pengamanan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Provinsi Kalbar, maka dengan petunjuk dan arahan dari Kompolnas, tentunya Polda Kalbar akan lebih baik kedepannya.
Setelah amanat dari Kapolda Kalbar, dilanjutkan dengan paparan dari Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi. Dalam paparannya Karo Ops Polda Kalbar menjelaskan terkait persiapan maupun pelaksanaan pengamanan Pileg dan Pilpres di Tahun 2019.
Selanjutnya, setelah paparan dari Karo Ops, Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende yang merupakan Komisioner dari Kompolnas menjelaskan bahwa kedatangan dari tim Kompolnas dimaksudkan untuk melakukan pengawasan dan monitoring Ops Mantab Brata Periode 2018/2019.
Seperti yang kita ketahui, sesuai dengan peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2011, Kompolnas adalah Lemabaga Kepolisian Nasional yang melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadak kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan Integritas anggota maupun pejabat Polri.
Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende menyebutkan bahwa Kompolnas ini selalu berada bersama Polri. "Tugas kami memang untuk Polri," ujarnya.
Terkait dengan pengawasan dan monitoring Ops Mantap Brata di Polda Kalbar, Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende  juga mengungkapkan bahwa setelah ia melihat langsung di lapangan, baik saat melakukan pengecekan posko di Singkawang ataupun di Mempawah, dan pada hari ini ia juga mendengar langsung sambutan dari Pak Kapolda dan paparan dari karo Ops Polda Kalbar, beliau yakin kedapan Kalbar akan aman.
"Keyakinan saya untuk kedepannya, InsyaAllah Kalbar Aman terkendali," ujar Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende.

Selain itu, Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende juga mengatakan bahwa Cipta kondisi terkait dengan operasi-operasi dan kegiatan binmas dalam melakukan pembinaan serta dikedepankan penggalangan, deteksi dini, dan lain-lain juga sudah terlaksana dengan baik.
Selanjutnya Irjen Pol. (Punr) Drs. Yotje Mende juga memberikan masukan dan pengarahan serta langkah langkah apa yang harus dilakukan Polda Kalbar agar lebih baik kedepannya.

Penulis : Cucu Safiyudin S.Sos SH MH
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya