» » » Zero Ilegal, Zero Tolerance Kapolda Kalbar: Jangan Main-main dengan Barang Hitam

Zero Ilegal, Zero Tolerance Kapolda Kalbar: Jangan Main-main dengan Barang Hitam

Penulis By on Jumat, 15 Maret 2019 | No comments


Polda Kalbar - Ada yang berbeda dari hari biasanya di perbatasan RI-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.  Kepala Biro Pembinaan Operasional (Karobinopsnal) Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM.
Pria lulusan Akpol 1987 itu berpengalaman dalam bidang reserse dan jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah mantan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah datang ke Entikong guna melakukan peninjauan.
“PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Entikong adalah pintu gerbang Indonesia. Sebagai pintu gerbang negara PLBN Entikong harus rapi, aman dan indah,” kata Karobinopsnal Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM. "Supaya warga luar tertarik datang kesini. Kalau dulu kita yang kesana, sekarang coba kita tarik orang luar yang kesini,".
Sebelum meninggalkan PLBN Entikong, Karobinopsnal Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM bertemu Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Sanggau.
“Menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk benar-benar ikut menjaga keamanan Pemilu 2019. Tahun ini Pemilu-nya agak berbeda. Mudah-mudahan itu (Pemilu) bisa berjalan dengan baik, aman, asal rekan-rekan semua bekerja dengan sebaik-baiknya. Selamat bekerja," ucap Karobinopsnal Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM, berpesan dan mengingatkan.
Provinsi Kalimantan Barat memiliki 5 perbatasan yang berdekatan langsung dengan negara Malaysia. Di antaranya adalah Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Aruk-Sajingan Besar di Kabupaten Sambas, Entikong di Kabupaten Sanggau, Senaning di Kabupaten Sintang, dan Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.
Untuk itulah, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menegaskan, pihaknya mandat perintah dari Presisen RI Joko Widodo dan Kapolri untuk serius terhadap wilayah perbatasan RI-Malaysia di wilayah ini.

"Pimpinan Polri telah mengamanahkan kepercayaan dan memberikan reward tunjangan khusus bagi anggota yang bertugas di perbatasan. Maka dari itu tunjukan tanggung-jawab, berikan kinerja terbaik, ukir prestasi, lakukan terobosan kreatif, tingkatkan pengamanan terhadap orang maupun barang di sepanjang kawasan pintu keluar masuk yang berada di sepanjang perbatasan, jangan sampai ada oknum anggota yang berhianat, apalagi terlibat penyelundupan,” kata  Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.
Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH kembali menegaskan,”Berikan efek jera bagi para pelaku sehingga bisa meminimalisir praktik illegal dan lundup hingga Kalbar betul-betul Zero illegal dan Zero lundup. Tingkatkan terus pengawasan terhadap orang maupun barang yang melewati PLBN, maupun jalur-jalur tikus di sepanjang perbatasan. Zero ilegal dan zero tolerance benar-benar dapat terwujud,”.
Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH berharap,"Ini tentunya demi untuk kebaikan kita bersama. Dan ini menjadi kebanggaan Kalbar dengan semboyan Polda Kalbar Berkibar. Pastikan semua harus sesuai dengan prosedur, untuk menuju ke Zero Ilegal,"
Memperketat pengamanan dan pengawasan, tidak ada lagi ruang kegiatan ilegal terjadi di wilayah perbatasan ini. “Harus zero illegal, zero lundup jangan ada yang coba-coba bermain-main dengan yang hitam-hitam. Bangun sinergi dengan instansi terkait dan rangkul masyarakat,“ ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, menegaskan.
Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH, menyebut kedatangan Kepala Karobinopsnal Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM, ke Entikong untuk melihat secara langsung kondisi keamanan wilayah perbatasan sekaligus melakukan pengawasan.
“Di Entikong tim yang dipimpin Karobinopsnal Baharkam  Polri, Brigadir Jenderal Polisi Drs Ermi Widyatno MM disambut saya  (Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH, tokoh masyarakat serta sejumlah pimpinan dinas/instansi di perbatasan,” kata Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH.

Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH menjelskan, berbagai kerawanan yang ada diperbatasan dan langkah penanganan yang diambil kepolisian, serta program pemeliharaan Kamtibmas.
“Sejak akhir 2018 sampai 2019 ada 48 kasus yang berhasil diungkap Polres Sanggau. Perkara ini, sebagian penanganan kasusnya dilimpahkan ke instansi yang berkewenangan di perbatasan.Karena penanganan kasusnya menjadi kewenangan otoritas terkait di perbatasan, sehingga kasusnya kami limpahkan. Ada 18 kasus yang kami limpahkan," ujar  Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH
Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH berkata,”Capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) selama 2018-2019 yang berhasil dikumpulkan dari lalu lintas kendaraan asing di PLBN Entikong senilai Rp1.462.200.000,”.

Penulis : Cucu Safiyudin S.Sos SH MH
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya