» » » Adu Ketangkasan Lomba Permainan Tradisional

Adu Ketangkasan Lomba Permainan Tradisional

Penulis By on Rabu, 10 Juli 2019 | No comments


Polres Sanggau - Petugas TNI-Polri beserta Forkopimda dan perwakilan dari organisasi masyarakat, membaur jadi satu di Lapangan Apel Mapolsek Kembayan, Rabu (10/7). Sorak sorai untuk membakar semangat terdengar dari berbagai penjuru, bahkan terlihat para petugas beradu kekuatan.

Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S. IK, MH menjelaskan, adu kekuatan dan ketangkasan antar petugas tersebut, dalam rangka mengikuti rangkaian perlombaan Hari Bhayangkara ke-73. Mulai lomba Balap Bakiak, lomba Engrang, lomba Joget Balon, lomba Balap Gendong anggota TNI-Polri sampai lomba Panjat Pinang.

“Ini menjadi salah satu upaya kami untuk meningkatkan sinergitas antar jajaran. Bukan hanya antar petugas di jajaran Polres Sanggau, tapi juga dengan TNI, dan jajaran lainnya,” jelas Kapolres Sanggau.

Kegiatan yang diawali dengan Upacara Parade Hari Bhayangkara ke-73, dilanjutkan dengan acara tradisi pemotongan tumpeng, pemberian reward serta penghargaan kepada anggota berprestasi dan masyarakat yang telah mendukung tugas Polri  dan dilanjutkan dengan perlombaan tradisional.


Dipilih perlombaan tradisional, karena dengan kesederhanaan dapat mempererat hubungan satu sama lain. Selain itu, perlombaan tradisional mengingatkan kembali pentingnya kekompakan, kerja sama, dan kesabaran untuk meraih hasil yang baik.

Seperti lomba Balap Bakiak yang diisi oleh tiga peserta dalam satu regu, di sana terlihat kekompakan antar petugas dari jajaran yang berbeda. Mereka juga tidak sungkan untuk berteriak sehingga kompak saat mengangkat kaki dan tidak terjatuh. Namun, sesekali ada regu yang terjatuh, karena terlalu semangat untuk memacu langkah menuju garis finish.

Bahkan, Bupati Sanggau Paolus Hadi, Kapolres AKBP Imam Riyadi dan Dandim Letkol Inf Gede Setiawan, turut serta dalam lomba Bakiak.

Tidak ada hadiah yang diperebutkan untuk sesi ini, namun raut wajah gembira terlihat dari masing-masing peserta lomba. Upaya yang dilakukan oleh pimpinan jajaran, juga mengundang gelak tawa.


Menurut Kapolres Sanggau, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, sebagai ajang silahturahim antar petugas dan menjaga soliditas antar kesatuan yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Kedepannya, kami berharap, kekompakan terus terjaga baik antar petugas maupun dengan masyarakat. Karena, beberapa organisasi masyarakat yang hadir juga menjadi wakil dari masyarakat sehingga lebih kompak dan solid dalam menjalankan tugas,” imbuh Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya