» » » Korban Tenggelam di Kecamatan Toba ditemukan

Korban Tenggelam di Kecamatan Toba ditemukan

Penulis By on Jumat, 07 Februari 2020 | No comments


Polres Sanggau - Pada Rabu (5/2) sekira jam 09.00 wib, telah ditemukan mayat mengapung dialiran sungai Kapuas Ds. Kampung Baru, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau.

Kapolres Sanggau Akbp Raymond M. Masengi, S. IK, MH melalui Kapolsek Toba Iptu Supariyanto menuturkan Kronologis berawal pada hari Selasa tanggal 04 Februari 2020 sekira jam 13.00 Wib, menerima informasi dari Masyarakat yang melaporkan bahwa adanya warga Dusun Sansat, Desa Sansat, Kecamatan Toba, yang diduga hilang berinisial TS (69).

Terkait informasi tersebut Kapolsek Toba Ipda Supariyanto memerintahkan 5 (lima) orang personel Polsek Toba untuk membantu melakukan pencarian bersama masyarakat di Dusun Sansat, Desa Sansat.

“Hasil dari olah TKP dan pencarian bersama warga dilakukan di sekitaran hutan serta pesisir pantai Sungai Kapuas tidak ditemukan keberadaan terhadap warga yang diduga hilang tersebut, sekira jam 23.00 Wib upaya pencarian dihentikan dikarenakan cuaca hujan dan akan dilanjutkan pada hari Rabu (5/2).

Sekira jam 09.00 Wib, upaya pencarian tersebut membuahkan hasil, telah ditemukan terhadap warga yang diduga hilang tersebut di Hilir aliran Sungai Kapuas Desa Kampung Baru tepatnya di daerah pelabuhan JT Cruser PT. DSM (Dinamika Sejahtera Mandiri), selanjutnya dilakukan upaya evakuasi terhadap korban bersama-sama TNI-Polri dibantu masyarakat.


“Setelah selesai dilakukan evakuasi terhadap korban, saya berkoordinasi dengan keluarga korban untuk penanganan lebih lanjut terkait Otopsi,” tambah Kapolsek.

Adapun hasil koordinasi dengan pihak keluarga korban, Sdr. Anus (anak lelaki korban) meminta untuk tidak dilakukan terkait Otopsi dimaksud, dikarenakan dari pihak keluarga ingin mayat korban segera dikebumikan/dimakamkan pada sore hari ini dan keluarah korban menerima dan menganggap kejadian ini adalah musibah dari Tuhan yang Maha Esa.

Sekira jam 15.00 Wib dilakukan pemakaman terhadap mayat korban di TPU Katholik Desa Sansat oleh keluarga korban dan warga. Acara pemakaman serta doa dipimpin oleh Sdr. Sutardi (ketua kring) umat Katholik Ds. Sansat, Kec. Toba, Kab. Sanggau dan dihadiri oleh Kapolsek Toba Ipda Supariyanto beserta Anggota dan warga sekitar.

Kapolsek Toba mengatakan bahwa korban TS sudah mengalami sakit berupa kelumpuhan (stroke) pada bagian tubuh sebelah kiri kurang lebih selama 1 tahun kebelakang, akan tetapi korban mampu menggerakkan tubuh dengan bergeser menggunakan tumpuan tangan dan kaki sebelah kanan.


“Tempat tinggal/rumah korban berada dipesisir Sungai Kapuas, pada bagian dapur rumah korban berada diatas air permukaan Sungai Kapuas. Kemudian sdri. Etei (istri korban) mengalami penyakit Tuli/pendengaran rusak yang sudah menahun, dan pada waktu kejadian tidak ada yang mengetahuinya,” terangnya.

Pihak keluarga korban mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kepolisian Sektor Toba dan koramil 1204-09/Toba yang telah membantu pencarian dan pemakaman korban. 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya