» » » Bripka Deni Irawan dan Babinsa Hadiri Kegiatan Adat Tolak Bala di Desa Sejuah

Bripka Deni Irawan dan Babinsa Hadiri Kegiatan Adat Tolak Bala di Desa Sejuah

Penulis By on Senin, 30 Maret 2020 | No comments


Polres Sanggau - Berbagai cara untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang menggemparkan dunia. Seperti halnya masyarakat Desa Sejuah Kecamatan Kembayan untuk pencegahan virus corona itu mereka menggelar ritual Tolak Bala dengan Desa Sejuah yang bertujuan mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), Senin (30/3).
Ketua Adat Desa Sejuah mengatakan, ritual adat ini dilaksanakan agar daerah terbebas dari pandemi virus corona yang akhir-akhir ini sangat meresahkan warga Desa Sejuah.

“Ritual
Adat Tolak Bala merupakan kepercayaan kami dalam menghadapi masalah besar yang menimpa desa. Jika orang tidak mempercayai masalah ini tidak menjadi masalah.” tuturnya.

Ia pun mengatakan, upacara adat ini dilakukan sebagai bentuk keyakinan dan kepercayaan masyarakat kami yang sudah diwariskan sejak dulu kala apabila adanya wabah penyakit. Upacara adat yang tersebut lanjutnya, dilakukan dengan beberapa tahapan dengan penuh keyakinan agar wabah penyakit corona yang terjadi selama kurang lebih 2 bulan belakangan ini tidak terjadi.

“Tolak bala merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan para leluhur kami saat ada wabah penyakit, terutama yang pasti meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa, agar wabah tersebut tidak sampai masuk wilayah kami,” katanya.

Sementara itu
Bhabinkamtibmas Bripka Deni Irawan yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut juga melaksanakan Sosialisasi Maklumat Kapolri serta menghimbau warga untuk mengikuti anjuran pemerintah dan menjaga kerbersihan lingkungannya masing-masing.

" Jagalah kebersihan diri dengan sering mencuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing," pungkasnya.

Penulis : Candra Lukito
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya