» » » Anggota Polsek Bonti Awasi dan Jaga Api dari Pembukaan Ladang Tradisional milik Masyarakat

Anggota Polsek Bonti Awasi dan Jaga Api dari Pembukaan Ladang Tradisional milik Masyarakat

Penulis By on Sabtu, 29 Agustus 2020 | No comments


Polres Sanggau - Anggota Polsek Bonti, Briptu Juni Santoro membantu mengawasi dan menjaga peladang yang membuka ladang dengan cara bakar di Desa Bahta, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau.

Pendampingan ini dilakukan agar pembukaan lahan secara terbatas dan terkendali yang dilakukan oleh peladang tidak meluas.

"Waktu kami patroli, melihat kabut asap yang mengepul dari ladang masyarakat. Ternyata, seorang petani sedang membakar ladang. Masyarakat yang mayoritas peladang membakar ladang," ujar Juni Santoso.

Sesampainya di lokasi, dirinya melakukan pencegahan agar tidak terjadi meluasnya pembakaran sekaligus memberikan imbauan terhadap masyarakat.

“Kita bantu warga yang sedang menjaga api, bersama-sama kita jaga agar tidak merembet ke lahan lain," ungkap Briptu Juni Santoso.

Dirinya mengingatkan, kepada masyarakat disampaikan agar dalam membakar ladang mengikuti aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Sanggau dan Pemerintah Provinsi Kalbar tentang membakar ladang secara terbatas dan terkendali guna mencegah bencana asap seperti tahun lalu.

"Alhamdulillah masyarakat dapat menerima penjelasan kita dengan baik,” Briptu Juni Santoso.

Kapolsek Bonti Ipda Robin Talib, S. Tr. K, menyampaikan bahwa upaya tersebut agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan sembarangan, sehingga kasus pembakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bonti dapat di tekan.

"Kami dalam menanggapi cuaca kemarau ini selalu siap siaga, kita lakukan berbagai upaya pencegahan Karhutla seperti patroli dan mengimbau serta sosialisasi," jelasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya