» » » Polres Sanggau Gelar FGD Terkait Memelihara Kamtibmas Dalam Rangka Pilkades Serentak, Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Polres Sanggau Gelar FGD Terkait Memelihara Kamtibmas Dalam Rangka Pilkades Serentak, Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Penulis By on Rabu, 16 Desember 2020 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Memelihara Kamtibmas Dalam Rangka Pilkades Serentak, Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan di Aula Hotel Grand Narita Sanggau (15/12).
 
Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM, Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. Ik, MH diwakili Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya, Kasdim 1204/Sgu Mayor Czi Budi Rahardi, Forkopimda Kabupaten Sanggau, perwakilan Kejari Kabupaten Sanggau, Camat di Wilayah Kabupaten Sanggau, Organisasi Masyarakat, dan beberapa perwakilan OPD Kabupaten Sanggau.
 
Dalam sambutannya Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya mengatakan Kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam kegiatan FGD ini.
 
“Kegiatan FGD sebagai bentuk kepedulian kita semua dalam rangka membahas tiga agenda yaitu Pilkades, Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” ucapnya.
 
Ditambahkan Kompol Wardaya, Kami Polres Sanggau mengharapkan keharmonisan antar etnis dan antar agama dapat terjalin melalui kegiatan FGD ini.
 
Dandim 1204/Sgu diwakili Kasdim 1204/Sgu Mayor Czi Budi Rahardi menyampaikan tugas TNI antara lain membantu Pemerintah Daerah dan Polri.
 
“Pilkades akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020 di 72 Desa di Kabupaten Sanggau. Kita wajib menjaga keamanan mulai dari tingkat lingkungan sekitar, masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.


Dirinya meminta apabila mendengar berita hoax agar di konfirmasikan terlebih dahulu kebenarannya. Kegiatan FGD diharapkan dapat menyamakan persepsi dalam memelihara Kamtibmas di Kabupaten Sanggau.
 
Bupati Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020.
 
“Ya memang Kabupaten Sanggau merupakan salah satu kabupaten yang tidak ditunda pelaksanaan Pilkadesnya dan di wilayah Sanggau nantinya akan dilaksanakan Pilkades di 72 desa dari 14 kecamatan, tentunya ini perlu kita perhatikan bersama terutama pada saat pandemic covid-19 ini” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau.
 
Berikutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa untuk Pilkades perlu diperhatikan bahwa sesuai dengan permendagri nomor 72 tahun 2020 bahwa harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan perlu kita sosialisasikan bersama agar masyarakat tidak membuat kerumunan apalagi membuat pesta setelah Pilkades.
 
Untuk persiapan natal dan tahun baru memang sudah ada surat edaran menteri agama nomor 23 tahun 2020 untuk perayaan natal dibatasi atau ditiadakan tetapi untuk ibadah natal masih diperkenankan dengan memperhatikan protokol kesehatan dimana kapasitasnya dibatasi dengan catatan tidak ada yang terpapar.
 
Setelah memberikan sambutan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau membuka kegiatan Focus Group Discussion tersebut dan di akhir kegiatan dilakukan foto bersama.
 
Kegiatan Forum Group Discusi (FGD) dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir dan pola tindak Pemangku Kepentingan dan Instansi Terkait dalam menyikapi perkembangan situasi di Kabupaten Sanggau pada saat Pilkades, Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Kabupaten Sanggau.

Penulis: Denny Ardiyanto
Publish: Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya