» » » Ponton Muat CPO Tabrak Pagar Tiang Pengaman Jembatan Semuntai

Ponton Muat CPO Tabrak Pagar Tiang Pengaman Jembatan Semuntai

Penulis By on Minggu, 17 Januari 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M Masengi, S. IK, MH melalui Kapolsek Mukok, AKP Supriyanto menjelaskan kronologis terkait kejadian tertabraknya tiang besi pagar pengaman jembatan penyeberangan Semuntai, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau oleh Ponton Pengangkut CPO, Sabtu (16/1).
 
Dikatakanya, Pada Sabtu 16 Januari 2021 sekira pukul 04.00 Wib di Sungai Kapuas Dusun Semuntai, Desa Semuntai, Kecamatan, Mukok Kabupaten Sanggau telah terjadi tertabraknya tiang pagar pengaman jembatan penyeberangan Semuntai oleh Kapal Ponton Pengangkut CPO.
 
“Adapun Identitas Kapten Kapal yakni RZ,” katanya Kaposek Mukok.
 
Kronologis kejadian yakni Pada Kamis tanggal 14 Januari 2021 Kapal TB Anak Laut 88 berangkat dari PT Riau Agrotama Plantation Nanga Silat Kabupaten Kapuas Hulu dengan mengandeng Ponton BG BM V yang bermuatan CPO sebanyak 2000 Ton menuju Pontianak.
 
“Pada Jumat tanggal 15 Januari 2021 Sekira pukul 23.00 Wib Kapal TB Anak Laut 188 berikut Ponton BG BM V bertambat tali dan jangkar ditepian Sungai Kapuas tepatnya di Dusun Pelaik, Desa Semuntai,” jelasnya.


Setelah bertambat, kemudian Kaptel Kapal dan ABK beristirahat, tanpa disadari ikatan ponton terlepas dan jangkar tidak mampu menahan pergerakan ponton dan kapal.
 
Tidak lama kejadian tersebut Kapten kapal terbangun menyadari Posisi Ponton dan Kapal sudah hanyut mendekat ke Jembatan Penyeberangan yang berada di Desa Semuntai, Kecamatan Mukok.
 
“Kapal TB Anak Laut 188 sempat berusaha menarik ponton untuk menghindar terjadinya tabrakan, namun Kapal TB Anak Laut 188 tidak mampu mengendalikan ponton akibat arus sungai Kapuas yang deras,” tuturnya.
 
Akibat kejadian tersebut pagar tiang pengaman jembatan semuntai mengalami rusak berat akibat benturan yang keras.
 
“Saat ini posisi Ponton masih berada dibawah jembatan penyeberangan Semuntai. Kapten Kapal sudah meminta bantuan kepada Kapal TB yang berada di Sanggau untuk membantu menarik ponton tersebut,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya