» » » Wakapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Kapuas 2021

Wakapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Kapuas 2021

Penulis By on Senin, 12 April 2021 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar apel gelar pasukan Ops Keselamatan Kapuas di Lapangan Apel Mapolres Sanggau, Senin (12/4).
 
Apel Gelar pasukan tersebut dipimpin Wakapolres Sanggau Kompol Agus Dwi Cahyono, S. IK, M. AP selaku Inspektur Upacara.
 
Turut hadir dalam Apel gelar Pasukan PJU Polres Sanggau, Kadishub Kabupaten Sanggau, Kadiskes Kabupaten Sanggau, Kasat Pol PP Kabupaten Sanggau, Dansub Denpom XII/1-2 Sanggau, Kepala Jasa Raharja Kabupaten Sanggau serta peserta apel terdiri dari Personel Polres Sanggau, Personel Kodim 1204 Sanggau, Personel Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Sanggau, Satpol PP Kabupaten Sanggau, Subden Pom XII/1-2 Sanggau dan Jasa Raharja Kabupaten Sanggau.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Sanggau membacakan Amanat Kapolda Kalbar Irjen. Pol. Dr. Drs. Remigius Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si.
 
“Ops Keselamatan merupakan operasi terpusat yang digelar serentak di seluruh jajaran Polri mulai tingkat Mabes hingga kesatuan kewilayahan dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran idul Fitri,” kata Wakapolres Sanggau, Kompol Agus Dwi Cahyono.
 
Operasi ini digelar diseluruh jajaran Polri dari tingkat Mabes Polri hingga jajaran kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 12 April sampai tanggal 25 April 2021 dengan mengedepankan kegiatan operasi preventif secara humanis serta penerapan protokol kesehatan.
 
Wakapolres Sanggau menambahkan, Dengan dilaksanakannya Gelar Pasukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Personel maupun sarpras pendukung lainnya sehingga kegiatan Operasi dapat berjalan dengan optimal.


“Tujuan dilakukannya Ops Keselamatan Kapuas 2021 untuk meningkatkan kepatutan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas diwilayah hukum Polda Kalbar dan Jajaran. Dalam kegiatan Ops Keselamatan Kapuas 2021 harus tetap waspada dan tidak under estimate agar tidak menciptakan klaster-klaster baru penyebaran Covid 19 dalam bulan suci Ramadhan 1442 H,” ucapnya.
 
Dikatakan Kompol Agus, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi diantaranya ancaman terorisme dan radikalisme.
 
Kapolda Kalbar mengharapkan kepada seluruh Jajaran Polda Kalbar agar menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing masing daerah.
 
“Ada tujuh penekanan dari Kapolda Kalbar untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas diantaranya pertama Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, kedua Lakukan Deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, ketiga Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan, keempat Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan terbaik, kelima Laksanakan penegakan hukum secara Profesional dan Proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum, keenam Mantapkan kerjasama, sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat demi terciptanya Kamseltibcar Lantas yang kondusif selama operasi dan ketujuh Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan-rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ucap Wakapolres Sanggau.
 
Sebelum mengakhiri amanat yang dibacakan Wakapolres Sanggau, Kapolda Kalbar mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2021. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa.
 
Kompol Agus Dwi Cahyono mengatakan Dilaksanakannya kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Ops Keselamatan Kapuas 2021 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang hari Raya Idul Fitri 1442 H ditengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya