» » » Polres Sanggau Gelar Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19

Polres Sanggau Gelar Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19

Penulis By on Kamis, 29 Juli 2021 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar kegiatan Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19 Polres Sanggau guna mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Kamis (29/7) pagi
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sanggau AKBP Raymond M/ Masengi, S. IK, MH diwakili oleh Kabagsumda Kompol Suparwoto, S.IP, Kasat Binmas Polres Sanggau Akp Priyono, Narasumber dari Dinkes Kabupaten Sanggau, Sdri. Sulistyo Rini, SKM, M.KM serta diikuti peserta dari organisasi dan Perwakilan Personil Polres Sanggau dan Polsek Jajaran.
 
Dalam sambutannya, Kabag Sumda Polres Sanggau mengucapkan terima Kasih kepada pihak Dinkes yang sudah bersedia membantu untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19 yang dilakukan di Polres Sanggau.
 
“Kegiatan Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19 yang dilaksanakan pada hari ini sangat penting guna menambah pengetahuan serta mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau,” ujarnya.
 
Kompol Suparwoto berharap kepada seluruh peserta Binteknis bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius.
 
Sulistyo Rini, SKM, M.KM selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada peserta dalam kegiatan Binteknis dan pelatihan Tracer karena sangat membantu dalan penanggulangan Covid-19
 
Ia menyampaikan Sosialisasi tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina dan Isolasi Dalam Rangka Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


“Ditiap-tiap Kecamatan sudah memiliki Tracer yang melibatkat tenaga kesehatan, Polri dan TNI yang ada diwilayah Kecamatan,” ujarnya.
 
Sulistyo Rini juga Menyampaikan terkait kewajiban Tracer serta Memberikan pelatihan cara mengisi Formulir Penyelidikan Epidemiologi Corona Virus Disease (Covid-19), Menyampaikan terkait dengan pengertian Kasus Konfirmasi, Mengarahkan cara pengisian formulir pemantauan harian (kontak erat) dan Mengajarkan praktek pengisian Link Aplikasi Silacak secara langsung.
 
Dalam acara tersebut juga Kasatbinmas Polres Sanggau AKP Priyono menyampaikan Sosialisasi tentang Manajemen Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Kegiatan Tracing) dan menyampaikan terkait dengan Penentuan Zona (Positif dalam lingkup Rimah di Satu RT) serta Kriteria Zona di tingkat RT dan Skenario pengendalian Covid-19 menurut Inmendagri, Menyampaikan tentang Jaringan Informasi, Garis Koordinasi dan Peran Bhabinkamtibmas pada kegiatan 3T, Menjelaskan pengertian Pelacakan Kontak serta peran Tracer dalam pelacakan Kontak.
 
Dalam kesempatan tersebut AKP Priyono menjelaskan apa saja alat yang dibutuhkan dalam melakukan pelacakan kontak serta formulir yang disiapkan dalam melakukan pelacakan kontak serta Tahap Pelacakan Kontak seperti Identifikasi Kontak, Pencatatan Detil Kontak dan Tindak Lanjut Kontak.
 
Ia juga menjelaskan bagai mana menentukan Kontak Erat, menerangkan bagaimana cara mengisi data kontak erat, menjelaskan bagaimana wawancara dengan kontak erat serta cara melakukannya dan menyampaikan terkait dengan Syarat menjadi Tracer.
 
Setelah pelaksanaan kegiatan sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada peserta Binteknis Pelatihan Tracer Covid-19.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya