» » » Wakapolres Sanggau Buka Latihan Pra Operasi Bina Karuna II Kapuas 2021

Wakapolres Sanggau Buka Latihan Pra Operasi Bina Karuna II Kapuas 2021

Penulis By on Kamis, 26 Agustus 2021 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar Latihan Pra Operasi Bina Karuna II Kapuas 2021 di Ruang PPKO Polres Sanggau, Kamis (26/8) siang.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Sanggau Kompol Agus Dwi Cahyono, S. IK, M. AP didampingi Kabagops Polres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S. IK, M. AP serta dihadiri oleh Pejabat Operasi/Kasatgas, Operator dan Anggota Polres Sanggau yang terlibat dalam operasi.

Dalam arahannya, Wakapolres Sanggau mengatakan bahwa pelatihan itu bertujuan mencegah kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Operasi ini bertujuan untuk pencegahan terhadap Karhutla. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, berikan edukasi, imbauan dan pemahaman kepada masyarakat dan tetap patuhi protokol Kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Kabagops Polres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo mengatakan langkah prioritas dalam Ops Bina Karuna II Kapuas 2021 adalah memberikan imbauan dan edukasi kepada warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan menyampaikan instruksi Gubernur Kalbar.

Operasi ini juga mengedepankan fungsi Binmas khususnya para Bhabinkamtibmas sebagai penggerak giat preemtif diwujudkan dengan pemberian imbauan, penyuluhan, penyebaran brosur dan pemasanagn spanduk.


“Sedangkan kegiatan preemtif dapat dilakukan melalui patroli bersama dengan unsur terkait, potensi masyarakat dan warga agar tidak ada yang membuka lahan dengan cara membakar,” ucap Kabagops.

Tujuan dilaksanakan latihan pra operasi ini adalah untuk menyamakan persepsi dan memberikan gambaran serta penjelasan kepada personel yang terlibat dalam Operasi Bina Karuna Kapuas 2021, sehingga masing-masing Satgas Operasi dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya.

“Selain menyampaikan imbauan waspada terkait karhutla dan bencana lainnya, kita juga mengedukasikan penerapan disiplin prokes pencegahan Covid-19 serta membagikan masker secara gratis kepada masyarakat,” ungkap Kabagops.

Dirinya menambahkan, saat ini perhatian terfokus pada upaya penanggulangan Covid-19, oleh karena itu Operasi Bina Karuna akan dititik beratkan pada penyampaian sosialisasi pada tempat-tempat keramaian.

“Mari sukseskan dan laksanakan operasi ini dengan maksimal, senantiasa menjaga etika serta melakukannya sesuai prosedur, selain itu juga agar pelaksanakan kegiatan selalu didokumentasi dan dilaporkan kepada pimpinan,” pungkas Kompol Kombo.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya