» » » Bripka Ariandi Gencar Beri Imbauan Karhutla

Bripka Ariandi Gencar Beri Imbauan Karhutla

Penulis By on Senin, 27 September 2021 | No comments


Polres Sanggau - Mengantisipasi resiko kebakaran hutan dan membuka ladang dengan cara membakar khususnya pada saat musim kemarau, personil Bhabinkamtibmas Polsek Kembayan gencar memberikan himbauan Karhutla kepada warga binaannya di Desa Sebuduh Kecamatan Kembayan, Senin (27/9).

“Kami melaksanakan patroli dan memantau lokasi yang rawan kebakaran serta menyampaikan himbauan karhutla untuk meminimalisir dampak buruk yang di sebabkan pembukaan lahan pertanian/berladang oleh warga masyarakat dengan cara dibakar,” terang Bripka Ariandi.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan himbauan ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan Kampanye Stop Karhutla kepada setiap warga yang ditemui, sehingga dari satu warga bisa disampaikan lagi kepada warga lainnya secara berantai, karena permasalahan Karhutla ini merupakan persoalan yang kerap kali terjadi saat memasuki musim kemarau.

“Maka pemerintah melalui petugas Kepolisian hingga ketingkat paling bawah berkewajiban untuk menyampaikan sosilisasi dan himbauan kepada warga masyarakat tentang dampak buruk karhutla,” tambahnya.

Kapolsek Kembayan Iptu MR. Pardosi, SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa selain melaksanakan soaialisasi atau himbauan, para Bhabinkamtibmas juga menyampaikan larangan dari pemerintah terkait Karhutla serta sanksi pidananya.

“Kita berharap semua warga masyarakat di wilayah hukum Polsek Kembayan  memahami dan menyadari bahwa dari perbuatan yang dilakukan terkait pembakaran hutan, lahan dan kebun dapat dikenakan sanksi pidana, hal ini untuk membuat jera dan menjadi pelajaran bagi yang melakukan perbuatan tersebut,” ucapnya.

Kapolsek Kembayan menegaskan, setelah dilakukan kegiatan himbauan karhutla diharapkan masyarakat lebih paham dan sadar tentang dampak buruk karhutla ini.

“Sehingga kedepan tidak ada lagi masyarakat yang membuka lahan petanian dengan cara membakar,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya