» » » Kapolres Sanggau Pimpin Gelar Pasukan Ops Patuh Kapuas 2021

Kapolres Sanggau Pimpin Gelar Pasukan Ops Patuh Kapuas 2021

Penulis By on Senin, 20 September 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan S.I.K pimpin langsung gelar pasukan Ops  Patuh Kapuas 2021 di halaman Mapolres Sanggau secara internal yang di hadiri oleh PJU Polres dan seluruh Personil Polres Sanggau, Senin (20/9).
 
Dalam kesempatan tersebut Kapolres Sanggau membacakan amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si mengatakan permasalahan dibidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Terlebih saat ini dalam kurun waktu 2 tahun ini terakhir ini negara kita masih dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), sebagai konsekuensi kita harus tetap memedomani protokol kesehatan serta dilengkapi dengan alat pelindung diri dengan target Operasi Patuh Kapuas-2021 yaitu terciptanya kondisi kamseltibcarlantas di tengah masa pandemi Covid-19.
 
“Sesuai amanat undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk pertama wujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), kedua meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, ketiga membangun budaya tertib berlalu lintas, dan keempat meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” ucap Kapolres Sanggau membacakan Amanat Kapolda Kalbar.
 
“Keempat hal yang saya sebutkan tadi, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak. Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” tambahnya.
 

Kapolda Kalbar mengungkapkan Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari political will pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.
 
Diakhir amanatnya Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto menekankan kepada seluruh jajaran yang terlibat Operasi untuk selalu panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, utamakan protokol kesehatan dan tetap jaga kesehatan, serta hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.
 
Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan mengatakan Gelar pasukan ini merupakan tanda diawalinya Operasi Kepolisian Patuh Kapuas 2021 kemudian edukasi dan himbauan untuk selalu di sampaikan kepada masyarakat agar pengguna jalan untuk selalu ingat akan keselamat di jalan baik keselamatan diri sendari maupun keselamatan orang lain.
 
“Kemudian penegakan hukum tetap dilaksanakan apabila ditemukan adanya pelanggaran yang berpotensi akan terjadinya laka lantas yang bersifat fatal,” pungkasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya