» » » Kapolres Sanggau Hadiri Video Conference Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Kalbar

Kapolres Sanggau Hadiri Video Conference Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Kalbar

Penulis By on Selasa, 15 Maret 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Vicon Polres Sanggau, Jln. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Video Conference Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Kalbar T.A. 2022, Selasa (15/3) pagi.

Kegiatan Video Conference dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, MM, dihadiri oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K., MH, Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Drs. Reguel Siagian serta PJU Polda Kalbar dan ikuti oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Sanggau.

Dalam Paparannya, Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Reguel Siagian mengatakan bahwa pada pagi hari ini kita mengikuti Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Kalbar T.A. 2022 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian di lingkungan Polda Kalbar dan Polres Jajaran.

“Dalam rangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan Pemerintahan yang bersih maka diperlukan fungsi pengawasan diseluruh lembaga, Instansi Pemerintahan termasuk Polri. Fungsi pengawasan merupakan manajemen yang didalamnya terdapat peran perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian,” ucapnya.

Audit Kinerja, Lanjut Kombes Pol Reguel Siagian merupakan pelaksanaan tugas dan fungsi Polri untuk memcapai kecermatan, efisiensi dan efektifitas dilakukan secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar pemriksaan.

“Adapun sasaran objek Audit sebanyak 39 Satker terdiri dari 25 Satker Polda Kalbar dan 14 Satker Polres Jajaran dengan waktu pelaksanaan dimulai tanggal 15 Maret s/d 27 April 2022. Temuan audit kinerja tahap I tahun 2021 sebanyak 313 temuan terdiri dari Bidang Opsnal 113 temuan, SDM 47 temuan, Sarpras 41 temuan, Garkeu 112 dan sudah ditindaklanjuti,” terangnya.


Dalam Arahan sekaligus sekaligus membuka kegiatan Audit Kinerja, Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa pada pagi hari ini kita mengikuti Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Kalbar T.A. 2022.

“Adapun tujuan serta sasaran dilaksanakannya Audit Kinerja ini selain yang sudah terjadwalkan serta memberikan keyakinan atas ketaatan, kehematan dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas,” ucapnya.

Kapolda Kalbar menambahkan, Dilaksanakannya Audit Kinerja juga memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektifitas dan manajemen resiko dalam melaksanakan tugas di Institisi Polri. Memberikan nilai tambah untuk menjadi lebih baik dan memberikan masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola di Institusi Polri.

“Saya berharap apa yang menjadi temuan agar segera diperbaiki supaya kedepannya tidak terjadi kesalahan Kembali,” pungkasnya.

Audit Kinerja oleh Itwasda Polda Kalbar merupakan kegiatan rutin dilaksanakan dalam rangka aspek Perencanaan dan Pengorganisasian yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan, penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang pada setiap satuan fungsi di Satker jajaran Polda Kalbar sehingga terwujudnya tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih dilingkungan Polri.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya