» » » Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Keselamatan Kapuas-2022”

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Keselamatan Kapuas-2022”

Penulis By on Selasa, 01 Maret 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Keselamatan Kapuas-2022”, Selasa (1/3) pagi.

Selaku Inspektur Apel Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, dan Komandan Apel Ipda Erfan Yudi Asmara serta diikuti oleh PJU Polres Sanggau, Kodim 1204, Subdenpom XII/1.2 Sanggau, Dishub, Sat Pol PP dan anggota Polres Sanggau.

Dalam amanat Kapolda Kalbar, Kapolres Sanggau menyebutkan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai cipta kondisi menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 H di tengah pandemi Covid-19, serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, dengan sasaran meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcar lantas serta penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Menjelang Bulan Suci Ramadhan tentunya akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Polri Menyelenggarakan Operasi Keselamatan 2022 yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari Tanggal 01 Maret 2022 Sampai Dengan Tanggal 14 Maret 2022, dengan mengedepankan kegiatan Preemtif Dan Preventif Secara  Humanis, serta Penegakan Hukum Secara Tegas dan Profesional.


Lanjut Kapolres, Dalam Pelaksanaan Ops Keselamatan 2022, kita lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan deteksi dini rawan laka lantas dan pelanggaran. Serta tingkatkan pembinaan, penyuluhan, edukasi dan penerangan kepada masyarakat guna menimbulkan kesadaran pada masyarakat untuk membangun kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat menjalankan Ibadah Ramadhan 1443 H dengan rasa aman dan nyaman.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan Sampai Kegiatan Ibadah Ramadhan Menimbulkan Klaster-klaster Baru Penyebaran Covid-19,” katanya.

Berdasarkan Mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti karhutla.

“Diharapkan seluruh kepala kesatuan wilayah jajaran Polda Kalbar agar menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,” pesannnya.

Dalam amanat tersebut, Kapolda Kalbar menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas diantaranya Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, Lakukan Deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan, Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Laksanakan penegakan hukum secara Profesional dan Proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum, Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi serta Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan-rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.

Dilaksanakannya kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Ops Keselamatan Kapuas 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 H ditengah pandemi Covid 19.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya