» » » Wakapolres Sanggau Hadiri Ziarah Makam Raja Sanggau dan Para Tokoh Pengukir Sejarah Kota Sanggau

Wakapolres Sanggau Hadiri Ziarah Makam Raja Sanggau dan Para Tokoh Pengukir Sejarah Kota Sanggau

Penulis By on Kamis, 31 Maret 2022 | No comments


Polres Sanggau - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sanggau Ke-406, Forkopimda Sanggau melaksanakan Ziarah ke Makam Raja Sanggau dan Para Tokoh Pengukir Sejarah Kota Sanggau, Kamis (31/3) pagi.

Kegiatan Ziarah dihadiri oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Sekda Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka, MM, Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP, Kasi Pidsus Kejari Sanggau Agus Suprianto, SH, MH, Pasipers Kodim 1204/Sgu Letda Inf Joko Budi Santoso, Hakim PN Sanggau Wakibosri Sihombing, SH, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs. H. Gusti Arman, M. Si,  Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Lurah Se-Kecamatan Kapuas dan para tamu undangan.

Sekira jam 09.15 Wib rombongan berangkat dari Kantor Bupati Sanggau menuju Pemakaman Katholik Kabupaten Sanggau Jl. Sutan Syahrir Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas untuk melaskanakan Ziarah di Makam M.Th. Djaman yang merupakan Tokoh Pengukir Sejarah Kota Sanggau. Kegiatan diawali dengan penyambutan oleh Keluarga Besar M. Th. Djaman, dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Pastor Severianus Ferry, Pr dan diakhiri dengan Tabur Bunga.

Usai Pemakaman Katholik Kabupaten Sanggau Rombongan Bupati Sanggau menuju Pemakaman Raja di Jl. PH. Sulaiman Kantuk Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas untuk melakukan Ziarah di Makam Panembahan H. Ade Sulaiman, Ratu Ayu dan Raja Raja Giri yang merupakan Situs Cagar Budaya Kabupaten Sanggau. Kegiatan diawali dengan penyambutan oleh Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs. H. Gusti Arman, M. Si, dilanjutkan dengan dengan Tabur Bunga.


Selanjutnya Rombongan melaskanakan Ziarah ke Pemakaman Makam Panembahan H. Muhammad Said di Jl. H. Said Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas yang merupakan Situs Cagar Budaya Kabupaten Sanggau.

Kegiatan diawali dengan penyambutan oleh Keluarga Besar Panembahan H. Muhammad Said, dilanjutkan dengan Doa, Tabur Bunga dan Makan Beramih di Lingkungan Pemakaman.

Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K melalui Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo mengatakan dilaksanakannya kegiatan Ziarah Makam sebagai bentuk penghargaan terhadap para Tokoh pengukir sejarah Kota Sanggau dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sanggau Ke-406.

“Pelaksanaan Ziarah Makam ini kita lakukan Pengamanan oleh Polres Sanggau dan Polsek Kapuas,” ucapnya.

Wakapolres menambahkan bahwa kegiatan Ziarah Makam dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya