» » » Rangkaian kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Penguatan Nilai nilai Kebangsaan Pegawai Negeri Pada Polri di Polres Sanggau

Rangkaian kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Penguatan Nilai nilai Kebangsaan Pegawai Negeri Pada Polri di Polres Sanggau

Penulis By on Minggu, 17 April 2022 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau melaksanakan rangkaian kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Penguatan Nilai nilai Kebangsaan Pegawai Negeri Pada Polri. Kali ini dilaksanakan Rangkaian kegiatan tahap Pengkondisian Cinta Tanah Air dan Bangsa, Sabtu (16/4) malam.

Kegiatan diawali dengan Pelaksanaan Apel pelepasan peserta dalam giat Perjalanan Kebangsaan dipimpin langsung oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP yang diikuti oleh Kabagsumda Kompol Suparwoto, S. IP, para Instruktur, Personel Sidokkes dan peserta Binlat sebanyak 50 personel di halaman Mapolres Sanggau.

Dalam arahannya Wakapolres Sanggau mengatakan kegiatan ini selain untuk mencegah personel Kepolisian agar tidak terpapar dan terpengaruh paham radikalisme, komunisme dan aliran sesat lainnya serta menjadi bekal bagi anggota Polri guna bisa memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat tentang arti pentingnya cinta tanah air dan bangsa.

“Pembinaan dan latihan ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dan diterapkan di lingkungan masyarakat agar dapat menolak ajaran atau paham yang berseberangan dengan nilai-nilai kebangsaan itu sendiri,” ucapnya.

Wakapolres Sanggau mengingatkan kembali bahwa Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa tertanam dalam hati setiap warga negara Indonesia serta menjaga keutuhan 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Menurut Kompol Kombo, 4 pilar kebangsaan merupakan pondasi yang kokoh dan bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, agama, ras dan antar golongan.


“Selaku anggota Polri hendaknya menebar benih-benih kebaikan berdasarkan rasa nasionalisme dan patriotisme, bukan atas dasar ajaran agama tertentu maupun latar belakang suku, ras dan golongan,” tukasnya.

Rangkaian binlat dilanjutkan dengan Perjalanan Kebangsaan para peserta menuju Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa dengan pengawalan oleh Satlantas Polres Sanggau.

Tiba di TMP Patriot Bangsa peserta mengikuti giat Obade lagu lagu Nasional di halaman TMP Sanggau dan dilanjutkan dengan Apel Persada dan Upacara Renungan Suci yang dipimpin Kabagsumda Kompol Suparwoto, S.IP.

Kompol Suparwoto mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kembali jasa - jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia.

Selaku Inspektur Upacara, Kabagsumda Polres Sanggau memimpin pengucapan sumpah jati diri yang berbunyi kami warga negara Indonesia tidak akan meninggalkan jati diri bangsa Indonesia dimanapun berada, kapan saja, dalam keadaan apa saja dan apapun resikonya.

Pembinaan dan pelatihan penguatan nilai-nilai kebangsaan Pegawai Negeri pada Polri tahap pertama ini diikuti personel Polres Sanggau dan Polsek jajaran Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya