» » » Bhabinkamtibmas Polsek Tayan Hilir Cek Hewan Ternak Warga Binaan, Guna Antisipasi Wabah PMK

Bhabinkamtibmas Polsek Tayan Hilir Cek Hewan Ternak Warga Binaan, Guna Antisipasi Wabah PMK

Penulis By on Minggu, 29 Mei 2022 | No comments


Polres Sanggau - Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Taya Hulu Bripka Merkus melakukan pengecekan ke Kandang Ternak Sapi milik warga an. Supiandi di Desa Kedakas Kecamatan Batang Tarang Kabupaten Sanggau, pada Minggu 29 Mei 2022.

Dari pengecekan yang tersebut, didapati secara umum kondisi kesehatannya bebas dari penyakit mulut dan kaki.

“Kegiatan ini kita lakukan, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan khususnya ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain, kita laksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak diwilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” jelas Bripka Markus.

“Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan,” tambahnya.

Supiandi warga yang dikunjungi menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas.

“Terimakasih atas informasi dan saran masukannya, dirinya juga merasa khawatir dengan adanya wabah PMK ini, namun dengan rutin membersihkan kandang serta memeriksakan kesehatan hewan ternak ke dokter hewan semoga tidak ada ternaknya yang terjangkit PMK,” ucapnya.

Kapolsek Tayan Hulu Iptu Robin Talib, S. Tr.K menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK.

“Sampaikan kepada peternak diwilayah untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK,” pesan Kapolsek.

“Serta segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya