» » » Kasatbinmas Polres Sanggau Hadiri Halal Bihalal Muhammadiyah Sanggau

Kasatbinmas Polres Sanggau Hadiri Halal Bihalal Muhammadiyah Sanggau

Penulis By on Sabtu, 28 Mei 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Keraton Surya Negara Sanggau Jln. Pangeran Mas Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Silaturahmi / Halal Bi Halal Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sanggau dan Kota Pontianak dengan tema “Membangun Peradaban Kebangsaan, Mencerahkan Ahlak Ummat”, Sabtu (28/5).

Kegiatan tersebut dihadiri  Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliasyah, SE, MM dan dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pontianak Syamsul Hidayat, MM, Pangeran Ratu Surya Negara Drs. H. Gusti Arman, M. Si, Kapolres Sanggau diwakili Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Priyono, Dandim 1204/Sgu diwakili Pasiter Kodim 1204/Sgu Kapten Inf Eko, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Yulianto, SP, Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto, Ketua PP Muhammadiyah Kabupaten Sanggau Ade Juandi, S. Pdi, Ketua MABM Kabupaten Sanggau BUDI DARMAWAN, Ormas Islam/Melayu, Tomas, Toga dan tamu undangan.

Momentum halal bihalal itu menjadi wadah merajut persaudaraan sekaligus memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan halal bihalal tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Sanggau, Ade Juandi.

Dalam sambutannya, Juandi mengatakan, untuk membangun peradaban kebangsaan, maka umat Islam mesti mengambil peran. Salah satunya, menyebarkan ajaran Rahmatan lil 'Alamin.

“Walaupun di Sanggau ini penduduk islamnya hanya 40 persen, tapi kita harus bisa mewarnai nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai keislaman untuk masyarakat luas,” kata Juandi.

Dirinya pun mencontohkan, betapa bagusnya umat Islam di wilayah Kuching Malaysia. Meski populasinya hanya 55 persen, namun, umat Islam di Kucing tetap mampu menjaga nilai-nilai keislamannya di tengah lingkungan yang beragam budaya.


“Muhammadiyah harus selalu berpikir untuk bangsa dan umat. Maka Muhammadiyah harus membangun dan menyebarkan nilai-nilai Rahmatan lil 'Alamin,” pesan Juandi.

Di momen itu, Juandi juga menyampaikan belasungkawa atas wafatnya tokoh terbaik Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif. Buya Syafii Maarif merupakan cendikiawan dan bapak bangsa. Almarhum adalah salah satu tokoh jangkar bagi kehidupan yang toleran dan pemikir Islam di Indonesia.

Maka dari itu, Juandi berharap pemahaman Buya Syafii Maarif tentang keislaman yang moderat menjadi contoh dan diterapkan oleh seluruh kader Muhammadiyah.

Usai kegiatan, Kasatbinmas AKP Priyono mengungkapkan kegiatan Silaturahmi / Halal Bi Halal Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sanggau dan Kota Pontianak.

“Ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin hubungan serta mempererat tali silaturahmi antar pengurus Muhammadiyah dan sesama umat Muslim,” pungkasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya