» » » Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Sosialisasikan Pencegahan PMK Ke Peternak Kambing

Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Sosialisasikan Pencegahan PMK Ke Peternak Kambing

Penulis By on Selasa, 26 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Kapuas Polsek Kapuas Aipda Saprin Gunawan memberikan sosialisasi upaya pencegahan dan penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang sedang menjadi trend saat ini kepada Pemilik Ternak Kambing di Kelurahan Tanjung KapuasSelasa (26/7).

Pada kesempatan tersebut, Aipda Saprin juga meninjau kandang kambing milik warga dan menyampaikan pesan-pesan tertang pencegahan terhadap PMK pada ternak Kambing.

Dirinya menerangkan, upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK dengan meningkatkan kesehatan, dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang agar ketap dalam keadaan bersih.

“Kami meminta warga tidak perlu panik, karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia. Kita tidak usah takut mengkonsumsi daging saPi maupun Kambing maupun daging hewan lainnya,” pintanya.

Apabila ada hewan ternak sakit, ucap dia,  agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, sehingga mendapatkan pengobatan dengan baik.

Aipda Saprin juga meminta,  kepada peternak tidak perlu menjual hewan tersebut, namun  perlu diisolasi dan diobati agar dapat sembuh.

Dari hasil pemantauan di sejumlah peternakan sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku.

“Namun demikian kami sampaikan imbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi maupun kambing di wilayah Kecamatan Kapuas agar masyarakat selalu mengontrol ternakannya,” tutupnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya