» » » Disbunnak Sanggau Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Fisik dan Penyemprotan Disinspektan di Kandang Ternak

Disbunnak Sanggau Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Fisik dan Penyemprotan Disinspektan di Kandang Ternak

Penulis By on Sabtu, 09 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Disbunnak Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan fisik dan penyemprotan disinspektan pada kandang ternak sapi yang akan di kurbankan di Desa Tri Mulya Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disbunnak yang diwakili oleh Drh Putu Mira Beserta Team, Kapolsek Mukok Ipda Suharyanto, S.H, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades Tri Mulya yang diwakili oleh Kawil Marga Mulya.

Adapun Sasaran tempat atau kandang ternak sapi yang dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinspektan yakni Kandang Ternak Milik Sdr. Mulyono dengan jumlah ternak Sapi sebanyak 10 Ekor, Kandang Ternak Milik sdr.Waryanto jumlah ternak sapi 8 Ekor dan Kandang Ternak Milik sdr. Panut Jumlah ternak sapi 4 Ekor.

Kapolsek Mukok mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan terdiri atas pemeriksaan umur yang dapat dilihat dari pergantian gigi seri, pemeriksaan jenis kelamin dan scrotum, pemeriksaan kecacatan, pemeriksaan penyakit hewan menular dengan melihat gejala klinis yang muncul. Untuk ternak sapi, umur yang di anggap layak untuk dikurbankan adalah umur 2 tahun ke atas.


“Setelah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pada ternak tidak ditemukan tanda-tanda ternak Sapi terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku, ternak dalam keadaan sehat serta dinyatakan layak untuk kurban sehingga peternak tidak perlu ragu untuk mengurbankan ternaknya,” ucap Kapolsek.

Ipda Suhariyanto mengungkapkan dilaksanakanya Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan  fisik dan penyemprotan disinspektan pada kandang ternak sapi yang akan di kurbankan oleh Dinas Perkebunan dan peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau di Desa Tri Mulya Kecamatan Mukok bertujuan untuk menjamin hewan yang dikurbankan adalah hewan yang cukup umur dan sehat.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Disbunnak Kabupaten Sanggau dalam rangka Mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak agar masyarakat mengetahui tentang dampak kepada hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku di wilayah hukum Polsek Muko,” tukas Kapolsek.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya