» » » Kabagops Polres Sanggau Pimpin Kegiatan Operasi Aman Nusa II Penanganan PMK Tahun 2022

Kabagops Polres Sanggau Pimpin Kegiatan Operasi Aman Nusa II Penanganan PMK Tahun 2022

Penulis By on Sabtu, 09 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Tribun Polres Sanggau dilaksanakan Apel Kesiapan dalam rangka pelaksanaan tugas Operasi Aman Nusa II Penanganan PMK Tahun 2022 Polres Sanggau, Sabtu (9/7) pagi.

Apel kesiapan dipimpin oleh Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, S.H., M.H serta dihadiri Personil Polres Sanggau yang mengawaki pelaksanaan tugas operasi.

Dalam Apel Kesiapan, Kabagops Polres Sanggau menyampaikan CB dan sasaran pelaksanaan kegiatan operasi.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Regu 3 Ops Aman Nusa II Polres Sanggau melaksanakan koordinasi bersama PHBI Sanggau serta menyarankan untuk meneruskan himbauan kepada seluruh pengurus Masjid agar saat pelaksanaan penyembelihan hewan qurban mengikuti ketentuan Surat Edaran Menang RI No.10 Th. 2022 dan memastikan hewan qurban dalam keadaan sehat (bebas dari virus PMK).

Dalam kegiatan tersebut juga, Anggota melaksanakan monitoring pelaksanaan pemotongan hewan qurban Idul Adha di Masjid Al-Ikhlas dan Masjid At-Tanwir yang dilaksanakan oleh masyarakat muslim Muhammadiyah.

Anggota juga melaksanakan Patroli di kandang hewan ternak (sapi) milik Sdr. Cacak di Jln. Semboja Indah 3 Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.


Dalam kegiatan tersebut, Sdr. Sawir selaku pegawai penjaga kandang mengatakan bahwa saat ini jumlah hewan ternak sapi di kandang berjumlah 112 ekor yang mana 100 ekor telah dipesan masyarakat/pengurus Masjid untuk perayaan Idul Adha.

“Disbunnak beserta Dokter Hewan secara rutin melaksanakan pengecekan di kandang, hasil pengecekan menyatakan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Kabagops Kompol Sinung mengungkapkan saat ini telah melakukan Pulbaket untuk mengetahui kisaran suara di masyarakat sehubungan dengan adanya PMK pada hewan menjelang perayaan Idul Adha.

“Kami juga melaksanakan Patroli Cyber di Media Sosial dalam rangka antisipasi penyebaran berita hoax terkait PMK yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat serta Memberikan edukasi kepada masyarakat melalui meme di media sosial terkait pencegahan dan penanganan PMK,” ucapnya.

Operasi Aman Nusa II Penanganan PMK Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Polres Sanggau merupakan upaya cipta kondisi sebagai antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas sehubungan merebaknya wabah/virus PMK pada hewan ternak.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya