» » » Sambangi Peternak Sapi, Aipda Saprin Gunawan Sosialisasikan Tentang Penyakit Mulut dan Kuku

Sambangi Peternak Sapi, Aipda Saprin Gunawan Sosialisasikan Tentang Penyakit Mulut dan Kuku

Penulis By on Rabu, 27 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Kapuas Polsek Kapuas Aipda Saprin Gunawan melaksanakan sambang mendatangi Kandang Sapi Milik Sdr. Basdi di Jl. RE Marthadinata Lingkungan Sompu Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas, Rabu (27/7).

Kegiatan sambang tersebut dilakukan oleh Aipda Saprin Gunawan dalam rangka melakukan sosialisasi kepada warga tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap seperti sapi yang saat ini sedang mewabah.

Pada kegiatan ini, Bhabinkamtibmas menghimbau warga agar selalu memantau dan menjaga kebersihan kandang maupun hewan ternaknya serta mengenali sejak dini ciri-ciri hewan sapi yang terserang PMK yang penularanya sangat cepat.

Aipda Saprin juga meminta kepada pemilik Ternak Sapi apabila menemukan gejala-gejala PMK pada hewan ternak sapi, agar segera melaporkannya ke Puskeswan, atau Perangkat Kelurahan atau bisa juga lapor kepada Bhabinkamtibmas supaya segera mendapatkan penanganan oleh instansi terkait.

“Meskipun Penyakit Mulut dan Kuku tersebut tidak menular kepada manusia, namun tetap bisa menular kepada hewan ternak lainya,” ucap Aipda Saprin.

Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Kapuas Iptu Heri Triyana saat dikonfirmasi mengatakan Saat ini sedang marak PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan ternak khususnya sapi.

“Meskipun sampai saat ini untuk di Kecamatan Kapuas belum ditemukan kembali kasus PMK, namun perlu kita waspadai dan antisipasi bersama mengingat penyebarannya sangat cepat,” tukas Kapolsek.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya