» » » Cegah Penyebaraan PMK, Satgas Ops II Aman Nusa Polda Kalbar Turun Langsung Berikakn Himbauan tentang Penyakit Mulut dan Kuku

Cegah Penyebaraan PMK, Satgas Ops II Aman Nusa Polda Kalbar Turun Langsung Berikakn Himbauan tentang Penyakit Mulut dan Kuku

Penulis By on Jumat, 05 Agustus 2022 | No comments


Pontianak, Kalbar - Upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan oleh satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar di wilayah Kota Pontianak, Jumat (5/8).
 
Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap wabah PMK, mengingat wabah yang telah menyebar ke berbagai daerah sehingga perlu diantisipasi secepat mungkin. Selain itu upaya tersebut dilakukan untuk memulihkan ekonomi masyarakat penggiat peternakan, hal ini berkaitan mendukung program pemerintah pemulihan ekonomi nasional
 
Sasaran yang menjadi target pengecekan, penyemprotan dan penyuluhan pada hari ini adalah kandang sapi milik Manira (41) di Jalan Parit Haji Husin II Gang Sejahtera Abadi Kecamatan Pontianak Tenggara yang berjumlah 2 ekor dimana kedua hewan tersebut dalam keadaan sehat.
 
Kompol Abdullah selaku salah satu kasatgas dalam Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar menyampaikan himbauan sosialiasi kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan terus memantau kondisi ternak jika terdapat gejala seperti ternak tidak nafsu makan, terklihat lemas, dan ternak mengeluarkan liur berlebihan hingga berbusa serta kuku ternak terluka atau lepas maka segera lapor ke Dinas Peternakan atau Dinas Kesehatan setempat.
 
Kegiatan himbauan sosialisasi tentang PMK tersebut diapresiasi oleh dari warga setempat dan berharap agar kegiatan himbauan sosialiasi tentang PMK lebih digencarkan.
 
"Kami mendapatkan banyak masukan dan pengetahuan mengenai penyakit mulut dan kuku, sehingga dapat mengetahui gejala pada hewan ternak kami serta kami mengerti jika terdapat hewan ternak yang terinfeksi PMK maka kami akan melaporkan kepada pihak terkait" jelasnya.
 
Setelah dilakukan Himbauan sosialiasi tentang PMK oleh kasatgas, kegiatan dilanjutkan dengan penyemprotan disinfenktan kandang ternak oleh petugas satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya