» » » Kasat Resnarkoba Polres Sanggau Hadiri Peringatan HUT PMI Ke 77 Tahun 2022

Kasat Resnarkoba Polres Sanggau Hadiri Peringatan HUT PMI Ke 77 Tahun 2022

Penulis By on Senin, 26 September 2022 | No comments


Polres Sanggau - Kasatres Narkoba Polres Sanggau AKP Donny Sembiring, SH menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-77 Tahun 2022. Kegiatan di pusatkan di Markas PMI Kabupaten Sanggau  dengan Tema “Terus tebar kebaikan”, Senin (26/9) pagi.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Ketua PMI Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah Ontot, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Dapil I Erpiana Ratih Kumala Dewi, Para Perwakilan OPD Kabupaten Sanggau, Camat Kapuas dan Para Lurah Kecamatan Kapuas, Relawan PMI dan Relawan PMI Pelajar tingkat SMA / SMP, Para Tomas, Toda dan Todat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sanggau mengatakan rangkaian kegiatan ini dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau mulai dari beberapa minggu yang lalu, baik itu kegiatan olahraga, kemudian lomba-lomba PHBS, penanganan stunting dan kegiatan donor darah.

Ia mengungkapkan bahwa di Ulang Tahun PMI ke-77 ini tentu PMI menunjukan eksistensinya dalam rangka membantu pemerintah.

“Terutama dibidang kemanusiaan, dan juga sudah bergerak diberbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, terutama berkaitan dengan masalah sosial, baik itu bantuan bencana banjir, kebakaran dan lain-lain,” kata Wakil Bupati Sanggau.

Yohanes Ontot berharap agar PMI tetap eksis, dan berharap PMI tetap menjadi bagian dari mitra Pemerintah dan Lembaga-lembaga lainnya yang harus dibangun kolaborasi secara baik.

“Kita berharap keberadaannya bisa memberikan arti untuk pembangunan kemanusiaan dan masalah sosial lainnya di Kabupaten Sanggau. Saya ucapkan selamat HUT PMI ke-77, tetap bersemangat PMI untuk mewujudkan Sanggau maju dan terdepan,” ucapnya.


Sementara Ketua PMI Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah menyampaikan bahwa tahun ini PMI Kabupaten Sanggau telah banyak melaksanakan kegiatan, selain donor darah, juga pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial berupa sunatan massal serta pembinaan relawan.

“Berkenaan dengan tema Hari Ulang Tahun PMI tahun ini yakni terus tebar kebaikan, PMI Kabupaten Sanggau secara nyata telah mengimplementasikan tema tersebut dengan melaksanakan kegiatan membantu masyarakat yang mengalami musibah bencana,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, PMI Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat dan instansi mendirikan posko bencana banjir dengan menghimpun dan meyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa sembako, perlengkapan untuk bayi dan ibu hamil, serta memberikan bantuan pelayanan kesehatan.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Manggala Agni, KPH Sanggau Timur, Damkar Kabupaten Sanggau, Rapi Sanggau, serta Tagana Kabupaten Sanggau atas bantuan kerjasamanya.

“Dalam rangka penanganan paska banjir pada bulan Maret tahun 2022 ini, PMI Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan IFRC melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan, pemulihanan psiko sosial, bantuan paket kepada bayi dan ibu hamil, serta pembersihan lingkungan di Desa Sungai Alai, Penyelimau, Penyelimau Jaya, Semerangkai dan Sungai Batu. Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar dengan mengerahkan pengurus dan relawan yang tergabung dalam TSR dan KSR,” ucapnya.

Selain itu, PMI Kabupaten Sanggau telah melaksanakan pembinaan kepada pengurus PMI Kecamatan melalui kunjungan monitoring dan evaluasi, guna membimbing dan memperkuat fungsi dan peranan pengurus Kecamatan.

“Sebagai tindak lanjut dari hasil monev, PMI Kabupaten Sanggau akan lebih memperkuat kapasitas pengurus kecamatan melalui pelatihan manajemen organisasi dan pelatihan penanggulangan bencana,” tukasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya