» » » Pertemuan Koordinasi Bahas permasalahan dilingkup Perusahaan Kebun Kelapa Sawit diwilayah Kecamatan Toba

Pertemuan Koordinasi Bahas permasalahan dilingkup Perusahaan Kebun Kelapa Sawit diwilayah Kecamatan Toba

Penulis By on Kamis, 06 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Pertemuan Polsek Toba Dusun Teraju Barat Desa Teraju Kecamatan Toba dilaksanakan Petemuan Koordinasi membahas terkait dengan permasalahan-permasalahan yang berpotensi terjadi dilingkup Perusahaan Kebun Kelapa Sawit diwilayah Kecamatan Toba, Terkhusus dengan mulai melonjaknya harga Buah Kelapa Sawit sehingga berpotensi pada meningkatnya Tindak Pidana Pencurian, Kamis (6/10) pagi.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Meliau Iptu Nana Supriatna, Ka Kesra Kecamatan Toba Patrisius, Ketua DAD Kecamatan Toba Antonius Sukamto serta dihadiri 20 (Dua Puluh) orang peserta yang terdiri dari Pimpinan / Wakil Perusahaan PT. SJAL (Sumatera Jaya Agro Lestari) Divisi Barat, PT. AAC (Agro Abadi Cemerlang) dan PT. SAP (Surya Agro Palma) Divisi I s/d VI.

Dalam penayampaiannya Kapolsek Toba menyampaikan maksud dan tujuan pertemuan adalah guna mempererat Komunikasi dan Kordinasi terkait dengan Permasalahan-permasalahan yang terjadi maupun berpotensi terjadi dilingkup Perkebunan wilayah Kec. Toba, sehingga seluruh pihak dapat bersinergi meredam ataupun menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Iptu Nana juga menyampaikan terkait dengan kewajiban dan tanggung jawab perusahaan terhadap Masyarakat.

“Menindaklanjuti lonjakan Kenaikan harga Buah Kelapa Sawit diharapkan masing-masing Perusahaan meningkatkan kewaspaspadaan, terutama peningkatan Sumberdaya kinerja Security,” ucapnya.


Pemetaan terkait batas-batas Lahan HGU perusahaan baik dengan masyarakat maupun lahan Inclub, dengan tujuan khusus pencegahan serta penanganan Karhutlah.

“Kita juga akan membahas terkait penanganan Perkara pelanggaran Hukum, agar seluruh pihak bersinergi terutama para Pemangku Adat, sehingga terkait penerapan Sanksi dapat diterapkan secara Optimal, dalam hal ini tidak berbenturan dengan Hukum Adat,” tutupnya.

Pada saat kegiatan masing-masing Pihak menyampaikan terkait dengan kemungkinan permasalahan-permasalahan yang akan terjadi dikemudian hari.

Kegiatan yang dilaksanakan diselenggarakan oleh Polsek Toba selain melibatkan Perusahaan Kebun Kelapa Sawit dilingkup wilayah Kec. Toba, juga melibatkan Forkopincam dan DAD Kec. Toba, sehingga kedepannya seluruh Komponen dapat bersinergisitas dalam Penanganan Permasalahan, dalam hal ini salah satu upaya langkah cipta Kondisi yang dilakukan Polsek Toba.

Terkait dengan penyempurnaan Poin-poin kesepakatan terkait penanganan Permasalahan dan ataupun Penanganan Perkara akan dibicarakan pada kesempatan lain, dengan melibatkan seluruh unsur yang berkompeten.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya