» » » Satbinmas Polres Sanggau Gelar Kegiatan PSM Bersama Tokoh Agama Islam Kecamatan Kapuas

Satbinmas Polres Sanggau Gelar Kegiatan PSM Bersama Tokoh Agama Islam Kecamatan Kapuas

Penulis By on Kamis, 06 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Satbinmas Polres Sanggau melaksanakan kegiatan PSM (Polres Sanggau Menyapa) dalam rangka silaturahmi Kamtibmas dengan Tokoh Agama Islam Kecamatan Kapuas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Warkop Zona Santai Jln Jend. A. Yani Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kamis (6/10) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasatbinmas Polres Sanggau AKP Eeng Suwenda bersama anggota, Ketua MUI Kabupaten Sanggau Nasri, S. Ag, Ketua NU Kabupaten Sanggau Toyip, S. Ag, Ketua DDII Kabupaten Sanggau Nabhan Husein, Ketua Dewan Masjid Sanggau Syafriansyah, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sanggau H. Ade Juandi serta Tokoh Agama Islam lainnya yang ada di Kecamatan Kapuas.

Maksud dan tujuan kegiatan adalah dalam rangka PSM guna mendekatkan diri dengan masyarakat yang dalam hal ini para tokoh agama Islam Kecamatan Kapuas guna bekerjasama dalam menjaga sitkamtibmas diwilayah Kabupaten Sanggau dan upaya dalam menggugah hati para pemuda yang beragama Islam dalam memakmurkan tempat ibadah pada saat waktu sholat.

Sebelum pelaksanaan kegiatan terlebih dahulu dibacakan doa untuk korban tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang oleh Ketua MUI Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya AKP Eeng Suwenda mengatakan kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam rangka silaturahmi guna kita bisa saling mengenal serta untuk saling bekerjasama dlm menjaga sitkamtibmas diwilayah Kabupaten Sanggau.

“Dilihat kondisi pada saat ini para Pemuda kita lebih banyak nongkrong di warung kopi dibandingkan dimasjid-masjid pada saat waktu Sholat sehingga dilihat jemaah yang ada dimasjid sepi. Untuk itu kami mengajak kepada para tokoh agama Islam Kecamatan Kapuas untuk dapat bekerjasama dalam menggugah hari para pemuda yang beragama islam untuk dapat bersama memakmurkan masjid sehingga terbentuk / tertanam akhlak yang baik dihati para pemuda generasi muda kita,” ucapnya.

Dalam sambutannya juga Kasatbinmas meminta saran dan masukan kepada tokoh agama islam di Kecamatan Kapuas terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak Polres Sanggau.

Ketua MUI Kabupaten Sanggau dalam penyampaiannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kasat Binmas yg sudah menyelengarakan kegiatan untuk kita saling bersilaturahmi dan saling memberikan saran masukan untuk kebaikan kita bersama.

“Saat ini, dari Kemenag sedang gencar-gencarnya dalam mensosialisasikan terkait dengan Moderasi Beragama,” paparnya.

Sementara Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sanggau H. Ade Juandi mengatakan terkait dengan pemberitaan dimedia sosial maupun media elektronik tentang permasalahan Polri sehingga untuk itu mengharapkan kepada pihak Polri agar meningkatkan lagi Profesionalismenya dalam bertugas guna mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Ketua NU Kabupaten Sanggau, sdr. Toyip, S.Ag dalam penyampaiannya mengatakan terkait dengan bagaimana kita mengajak para pemuda untuk dapat memakmurkan masjid adalah dengan bahasa-bahasa yang menyejukkan hati sehingga para pemuda saat ini senang untuk datang ke Masjid.


Penyampaian oleh Ustadz Nabhan Husein yakni terkait dengan Kondisi masjid yang saat ini sepi jemaah, inilah tugas kita bersama dalam memberikan ceramah kepada umat islam agar dapat memakmurkan masjid kembali.

“Saya mengusulkan kembali kegiatan tausiah subuh keliling dimasjid-masjid secara bergiliran,” pintanya.

Pengurus Depan Pemangku Adat Melayu Herri Supriady menyampaikan untuk tingkat kerawanan diwilayah Kabupaten Sanggau adalah kurangnya Akhlak dari generasi muda saat ini sehingga dianggap perlu dalam memberikan tausiah yang dapat meningkatkan ahlak pada generasi muda kita saat ini.

“Kami berharap kepada pihak Polres Sanggau khususnya pada hari Jumat untuk dapat membantu memberikan himbauan guna menggingatkan masyarakat yang beragama Islam untuk dapat melaksanakan sholat Jumat dilokasi-lokasi yang ramai masyarakat,” tukasnya.

Sementara Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sanggau Abang Efendi menyampaikan pada saat ini perlunya pelibatan para pemuda terutama dalam struktur kepengurusan masjid dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Karena secara tidak langsung dari para pemuda tersebut akan menarik teman-teman yang beragama Islam untuk melaksanakan sholat berjamaah dimasjid dan pada era saat ini para pemuda pasti banyak memiliki ide bagaimana bisa menarik para pemuda dalam meramaikan masjid pada saat waktu sholat,” ucapnya.

Abang Efendi juga menyampaikan perlunya kegiatan yang mengumpulkan para pemuda guna diberikan sosialisasi baik dari tokoh agama maupun instansi terkait dalam memperkokoh akhlak / iman kita selaku umat Muslim.

“Kami dari pihak Muhammadiyah Kabupaten Sanggau siap untuk mengikuti giat tersebut apabila dilibatkan,” tukasnya.

Adapun poin-poin hasil dari kegiatan yang dilakukan yakni akan melibatkan dari para pemuda apabila ada kegiatan sosialisasi maupun kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Sat Binmas.

Satbinmas Polres Sanggau akan memberikan Himbauan Sholat Jumat guna mengingatkan masyarakat yang beragama Islam untuk dapat menghentikan kegiatannya sejenak guna melaksanakan sholat jumat.

Melibatkan pihak FKUB apabila melaksanakan kegiatan kegiatan lintas agama serta akan merencanakan kegiatan safari subuh secara bergiliran dengan melibatkan tokoh agama.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya