» » » Dit Tahti Polda Kalbar Gelar Bimteknis Fungsi Tahti di Polres Sanggau

Dit Tahti Polda Kalbar Gelar Bimteknis Fungsi Tahti di Polres Sanggau

Penulis By on Selasa, 01 November 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wirapratama Polres Sanggau dilaksanakan kegiatan Bimteknis Fungsi Tahti oleh Dit Tahti Polda Kalbar di Polres Sanggau, Selasa (1/11) siang.

Kegiatan dipimpin oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP didampingi oleh Dir Tahti Polda Kalbar AKBP Wawan Tri Kartika, S.I.K., MH beserta Tim, serta dihadiri oleh PJU Polres Sanggau, Kasat Reskrim, Kasat Sabhara, Kasat Lantas, Kasat Narkoba dan Kasat Tahti Polres Sanggau, Sekadau, Landak, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu serta Kapolsek Kapuas Polres Sanggau.

Wakapolres Sanggau dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Bimteknis Fungsi Tahti beserta anggota di Polres Sanggau.

“Kami menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan penyambutan ada hal-hal yang kurang berkenan,” ucapnya.

Kompol Kombo menyampaikan bahwa kegiatan pada hari ini yaitu Bimteknis pengemban fungsi Tahti oleh Dit Tahti Polda Kalbar yang diikuti sebanyak 6 Polres yaitu, Sanggau, Landak, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

“Dipersilahkan kepada para peserta hal-hal yang penting agar ditanyakan kepada Tim yang nantinya bisa menjelaskan kepada Pers Pengemban Fungsi Tahti dan Polsek jajaran di wilayahnya masing-masing,” pesan Wakapolres.

Ditambahkannya, saat ini masih adanya keterbatasan anggota Fungsi Tahti di Polres maupun Polsek sehingga pengamanan dan jaga tahanan dilaksanakan dari fungsi Sabhara.

Sementara Ketua Tim Bimtek / Dir Tahti Polda Kalbar AKBP Wawan Tri Kartika menyampaikan ucapan Terimakasih atas sambutan terkait kedatangan Tim di Polres Sanggau.


Ia menjelaskan bahwa kegiatan Bimteknis fungsi Tahti pada hari ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

AKBP Wawan mengatakan Tahti berdiri pada tahun 2010, dan sudah ada selama 12 tahun di Polda Kalbar.

“Adapun Tahti yaitu fungsi yang mengemban Pengamanan, Pengawasan serta mengurus Tahanan serta Barang Bukti,” terangnya.

“Kapolda Kalbar memberikan atensi terkait Pengamanan terhadap Tahanan agar dilaksanakan sesuai dengan SOP dan laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

“Laksanakan pengawasan dan pengecekan secara berkala terhadap ruang tahanan, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan AKBP Wawan.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan, yaitu Perkap No.4 Tahun 2005 tentang Pengurusan Tahanan pada Rutan Polri, Kesehatan Tahanan, Biaya Makan Tahanan, Penitipan dan Penyimpanan Barang Bukti serta Atensi Pimpinan.

Dilaksanakannya kegiatan Bimteknis Fungsi Tahti oleh Dit Tahti Polda Kalbar dalam rangka menindaklanjut arahan dan atensi Pimpinan, sehingga materi yang disampaikan dapat memberikan pemahaman dalam pelaksanaan tugas Pengamanan, Pengawasan dan Harwat Tahanan serta Barang Bukti.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya