» » » Tampung Aspirasi Masyarakat, Polsek Tayan Hilir Laksanakan Kegiatan Jumat Curhat

Tampung Aspirasi Masyarakat, Polsek Tayan Hilir Laksanakan Kegiatan Jumat Curhat

Penulis By on Jumat, 24 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polsek Tayan Hilir Polres Sanggau menggelar kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan di Cafe Chi Chi Desa Pulau Tayan Utara Kecamatan Tayan Hilir.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Tayan Hilir AKP PSC. Kusuma Wibawa, S.H., M.A.P, Wakapolsek Tayan Hilir Iptu Supariyanto, SH, Perwakilan Koramil Tayan Hilir Sertu Wan Edi, Kasi Ekbang Tayan Hilir Sdr. Ajin Pariadi, Kasi Kesra Tayan Hilir Sdri. Magdalena Yunita, Kasi Trantib Sdr. Heronimus Abuy, SH, Kepala Puskesmas Tayan Hilir Sdri. Heronimus Buyung, Perwakilan Puskesmas Desa Kampung Kawat Sdr. Agung, Katua TBBR Tayan Hilir Sdr. Hartono, Wakil PDKS Tayan Hilir Sdr. Peno serta Anggota Polsek dan Anggota Koramil Tayan Hilir.

Dalam Jumat curhat hari ini Kapolsek Tayan Hilir menyampaikan tentang perlunya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, masih didapati warga masyarakat yang parkir di atas jembatan Kapuas Tayan Hilir.

“Saya ucapan terimakasih kepada kedua Puskesmas yang ada di Tayan Hilir atas kerjasamanya dalam menangani korban laka lantas yang terjadi di Tayan Hilir dan penanganan ODGJ,” ucapnya.

Kapolsek juga menghimbau kepada warga masyarakat pada saat mengendarai kendaraan bermotor untuk melengkapi perlengkapan kendaraan atau pengendara dan identitas kendaraan.

Dalam kegiatan tersebut Kasi Ekbang Tayan Hilir Sdr. Ajin Pariadi menyampaikan mengenai jalan di depan Hotel Transwey Tayan Hilir yang selalu rusak karena selain air yang tergenang juga gorong gorong untuk aliran air juga tidak bekerja dengan baik.

“Untuk permasalahan tersebut dari pihak Kecamatan sudah memberitahukan kepada pihak Provinsi agar di lakukan perbaikan dan perawatan,” ucapnya.

Kapolsek Tayan Hilir dalam tanggapannya menyampaikan ucapan terimaksih kepada pihak Kecamatan karena telah memperhatikan keadaan jalan di depan Hotel Tranwey Tayan Hilir yang dimana sudah dalam keadaan berlobang dan rusak, semoga agar cepat ditindak lanjuti agar mengurangi tingkat laka lantas.

Sementara Kepala Puskesmas Desa Kampung Kawat Sdr. Sangap Ginting dalam kesempatan tersebut mengatakan Penggunaan helm sekarang sudah meningkat karna setiap pagi di beberapa titik anggota Polsek Tayan Hilir melakukan peneguran terhadap masyarakat yang tidak menggunakan helm.


“Selain itu kita masyarakat juga bisa menegur jika terdapat adanya warga masyarakat yang berhenti di atas Jembatan Kapuas Tayan. Serta Puskesmas Kampung Kawat akan memasang spanduk didepan pagar puskesmas agar tidak ada kendaraan yang parkir. Memohon dukungan masyarakat agar bisa menjadi agen perubahan,” pesannya.

Dalam tanggapannya Kapolsek mengatakan ap bila ingin memasang spanduk bisa dilampirkan juga dari pihak Kepolisian dan Kecamatan.

“Selain itu dari pihak Polsek Tayan Hilir juga akan selalu mengecek jalan-jalan terkhusus di daerah padat penduduk agar tidak ada kendaraan besar yang parkir dibadan jalan,” ucapnya.

Ketua TBBR Tayan Hilir Sdr. Hartono dalam kesempatan tersebut menyampaikan mengenai situasi di Bundaran Pulau masih terdapat warga masyarakat yang tidak mengerti masalah arah jalur yang terdapat di Bundaran Pulau. Untuk kegiatan Jumat Bersih atau Jumat Curhat bisa diroling ke desa-desa yang jauh.

Tanggapan Kapolsek Tayan Hilir yakni terkait masalah arah jalur di Bundaran Pulau pada saat jam jam ramai terutama pagi hari dari pihak Polsek Tayan Hilir selalu melaksanakan Strong Point di Bundaran Pulau dan menegur masyarakat yang salah arah atau jalur agar berbalik, selain itu agar dari pihak kecamatan agar menginformasikan kepada Dinas Perhubungan agar memperbaharui rambu lalu lintas yang sudah pudar warnanya.

Kasi Trantib Tayan Hilir Sdr. Heronimus Abuy, SH menyampaikan bahwa di simpang 3 arah jembatan banyak kendaraan besar yang singgah dijalan dan supir-supirnya membuang sampah di sekitaran simpang 3 arah jembatan selain itu kendaraan tersebut juga menutupi baliho yang ada di simpang 3 tersebut. Selain itu, usulan juga untuk pelaksanaan Jumat Curhat agar dilakukan sebulan sekali.

Dalam tanggapannya, AKP Kusuma Wibawa mengatakan bahwa untuk masalah kendaraan besar yang parkir di badan jalan simpang 3 arah jembatan.

“Kami dari pihak Polsek Tayan Hilir akan ditertibkan bersama Dinas Perhubungan karna memang dengan berhentinya kendaraan tersebut mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya,” tukasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya