» » » Briptu Ryan Wahyu Wiratmoko ajak Warga Desa Binaan Cegah Karhutla

Briptu Ryan Wahyu Wiratmoko ajak Warga Desa Binaan Cegah Karhutla

Penulis By on Senin, 17 April 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam Briptu Ryan Wahyu Wiratmoko melaksanakan kegiatan penyampaian maklumat Kapolda tentang Karhutlah dan imbauan tentang larangan karhutlah di Desa Lubuk Sabuk Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

Saat melakukan imbauan dirinya mengingatkan kepada warganya agar tidak membakar hutan dan lahan bahwa dengan peralihan musim penghujan ke musim kemarau yang saat ini sudah terasa dan menyusul kurangnya intensitas hujan dalam beberapa pekan ini di Wilayah Kecamatan Sekayam.

Tidak hanya itu saat melakukan imbauan Briptu Ryan juga menegaskan kepada warganya yang mempunyai lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar baik itu pertanian maupun perkebunan karena dapat menyebabkan banyak kerugian materil, korban nyawa dan gangguan kesehatan akibat asap kebakaran.

Sementara itu di tempat terpisah Kapolsek Sekayam AKP MR. Pardosi, SH menegaskan bahwa pelaku pembakar lahan dapat di jerat dengan Pasal 108 Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda setinggi-tingginya Rp. 10 miliar.

“Untuk itu saya mengimbau mari kita jaga lingkungan sekitar tempat tinggal kita, agar tidak membakar lahan dan hutan yang salah satu dampaknya bisa menyebabkan inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi kita dan anak-anak kita,” tutupnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya