» » » Itwasda Polda Kalbar Gelar Audit Kinerja Tahap I di Polres Sanggau

Itwasda Polda Kalbar Gelar Audit Kinerja Tahap I di Polres Sanggau

Penulis By on Kamis, 04 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menerima kedatangan Tim Audit Kinerja tahap 1 T. A 2023 dari Itwasda polda Kalimantan Barat. Kedatangan Tim yang sebelumnya di kenal dengan Wasrik (pengawasan dan pemeriksaan) tersebut di sambut hangat oleh Kapolres sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K didampingi Pejabat Utama Polres Sanggau.

Tim Itwasda polda Kalbar ini di pimpin langsung oleh Kombes Pol Edy S. Tiragan, S.I.K, MH, serta anggotanya antara lain AKBP Yani Permana, S.I.K, SH, Kompol R. Fariman, SH, MH, AKP Humala Aruan, Pembina Samsul Huda, SH, Penata Muda TK 1 Henricus Ari Widiatno, S. Ak dan Briptu Irfan Rakasiwi Sadaji.

Pelaksanaan pembukaan kegiatan audit kinerja tahap 1 tahun 2023 dengan Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian yang dilaksanakan di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Sanggau Wakapolres Sanggau, PJU Polres Sanggau, Perwira Staf dan Kapolsek Jajaran.

Dalam kesempatan ini Kapolres Sanggau mengucapkan terima kasih dan selamat datang atas kunjungan tim Itwasda polda Kalbar ke mapokres sanggau dalam rangka Kegiatan Audit Kinerja Itwasda Polda Kalbar Tahap I T.A. 2023 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian di Polres Sanggau.

“Saya minta kepada anggota apabila ada kendala atau kesulitan bisa langsung meminta bantuan dan arahan kepada Tim audit. Silahkan nanti anggota bisa saling sharing tentang berbagai hal dan dikonsultasikan dengan tim, sehingga kita tidak hanya profesional di bidang operasinal tetapi juga administrasi,” ucap AKBP Suparno.

Kapolres Sanggau menyampaikan, pelaksanaan audit kinerja yang dilaksanakan oleh tian Itwasda polda Kalbar ini merupakan bentuk pengawasan terhadap Perencanaan dan Pengorganisasian dalam pelaksanaan tugas stiker jajaran Polda Kalbar.

Selain itu juga diharapkan tim audit kinerja Itwasda Polda Kalbar dapat memberikan masukan dan arahan kepada Polres Sanggau demi kenerja kedepannya.


“Saya sebagai Kapolres berharap dengan datangnya tim dari Itwasda polda Kalbar ke sini (polres sanggau) dapat memberikan pencerahan bagi kami agar terlaksananya kinerja secara maksimal dan optimal sesuai aturan yang berlaku,” harapnya.

AKBP Suparno mengungkapkan, Kegiatan ini sangat penting diharapkan Personil Polres Sanggau mengikuti dengan sungguh-sungguh dengan menyiapkan seluruh data dukung yang dibutuhkan. Selanjutnya mohon petunjuk dan bimbingan kepada Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Kalbar.

“Dalam Audit Kinerja Polres Sanggau ini oleh tim Itwasda Polda Kalbar kita meminta petunjuk dan bimbingan demi lebih memantapkan lagi kinerja bagi anggota di Polres Sanggau,” ujarnya.

Di tempat yang sama Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Kalbar Tahap I Kombes Pol Edy. S. Tarigan menyampaikan, bahwa hari ini dirinya bersama tim dari Itwasda polda Kalbar sedang melaksanakan audit kinerja polres sanggau 2023.

“Hari ini kita melaksanakan Audit kinerja Itwasda Polda Kalbar Tahap I meliputi Aspek Perencanan dan Pengorganisasian Tahun 2023 di Polres Sanggau. Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan Pemerintahan yang bersih maka diperlukan fungsi pengawasan diseluruh lembaga, Instansi Pemerintahan termasuk Polri,” tegasnya.

Kombes Pol Edy menjelaskan, bahwa Fungsi pengawasan merupakan manajemen yang didalamnya terdapat peran perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan pendalaman materi dan Pemeriksaan oleh Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Kalbar Tahap I T.A. 2023 Aspek Perencanan dan Pengorganisasian kepada Subsatker Polres Sanggau.

“Audit Kinerja adalah pelaksanaan tugas dan fungsi Polri untuk mencapai kecermatan, efisiensi dan efektifitas dilakukan secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan,” jelasnya.

Dalam kegiatan Audit kinerja Tahap I oleh Itwasda Polda Kalbar di polres sanggau ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan, penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang pada setiap satuan fungsi di Satker jajaran Polda Kalbar, sehingga terwujudnya tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih dilingkungan Polri.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya