» » » Olahraga Bersama Keluarga Besar Polres Dalam Rangka Meningkatkan Soliditas dan Sinergitas Internal

Olahraga Bersama Keluarga Besar Polres Dalam Rangka Meningkatkan Soliditas dan Sinergitas Internal

Penulis By on Jumat, 19 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Mapolres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Olahraga Bersama Keluarga Besar Polres dengan Tema “Merajut Kebersama Dalam Bingkai Kekeluargaan” Dalam Rangka Meningkatkan Soliditas dan Sinergitas Internal.

Kegiatan Olahraga bersama dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K., beserta Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau Ny. Tamy Suparno, yang dihadiri Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P, PJU, Kapolsek Jajaran, Personil Polres Sanggau, Personil Polsek Jajaran, Pengurus dan Bhayangkari Cabang Sanggau.

Dalam Sambutannya Kapolres Sanggau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Personil Polres Sanggau dan Bhayangkari Cabang Sanggau telah hadir dalam kegiatan olahraga bersama Keluarga Besar Polres Sanggau.

“Kegiatan Olahraga Bersama ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi dan memperkenalkan diri Kapolres Sanggau dengan Personil Polres Sanggau beserta Bhayangkari Cabang Sanggau,” ungkapnya.

“Kegiatan olahraga bersama juga dilaksanakan dalam rangka untuk membangun Soliditas dan Sinergitas Personil Polres Sanggau dan Bhayangkari sebagai bagian internal dari Polri untuk bisa saling memberi dukungan dalam institusi Polri khususnya Polres Sanggau dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Kepolisian,” tukas AKBP Suparno.

Adapun kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan yaitu Senam Bersama, kemudian dilanjutkan dengan acara perlombaan dan ramah tamah dengan makan bersama / Saprahan di Halaman Mapolres Sanggau.


Sementara PS. Kasi Humas Polres Sanggau Iptu Keken Sukendar mengatakan dalam permainan Terompah atau Bakiak memiliki makna yang terkandung dari jenis permainan tradisional ini, Butuh semangat yang kuat, tekad yang kuat dan yang paling penting kekompakan yang nyata agar bersama-sama mencapai tujuan dan tidak terpisah satu dengan yang lainnya. Kalau pemain tersebut terjatuh, semuanya bangkit dan membangkitkan lalu bersama-sama melangkah ke tujuan.

Sementara dalam Tradisi saprahan sendiri merupakan adat istiadat Melayu. Menurut kepercayaan masyarakat berarti sopan santun, atau kebersamaan yang tinggi. Tradisi ini mengandung semangat “duduk sama rendah, berdiri sama tinggi”.

Sebagai sebuah tradisi, Saprahan yang berupa jamuan makan yang melibatkan banyak orang dan duduk dalam satu barisan, saling berhadap-hadapan, serta duduk satu kebersamaan, tentu mengingatkan kita pada filosofi “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing” atau “berdiri sama tinggi, duduk sama rendah”.

“Filosofi itu tepat untuk menggambarkan kebersamaan dan semangat gotong-royong di Polres Sanggau yang hingga kini masih terjaga dengan baik. Dan hidangan yang tersaji akan disantap bersama-sama kelompok, membentuk seperti lingkaran bola, atau memanjang dalam persegi panjang dan tidak terputus,” ungkapnya.

Kegiatan Olahraga Bersama Keluaraga Besar Polres Sanggau dilaksanakan dalam rangka membangun Soliditas, Sinergitas dan Kekompakan Personil Polres Sanggau beserta Bhayangkari Cabang Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya