» » » Polres Sanggau Gelar Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional

Polres Sanggau Gelar Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional

Penulis By on Senin, 22 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Polres Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional, Senin (22/5).

Selaku Irup Kapolres Sanggau AKBP Agus Candra Kusumah, S.H., S.I.K serta dihadiri Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P., PJU, Kapolsek Jajaran dan seluruh Personil Polres Sanggau.

Dalam kegiatan Upacara dilakukan Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks UUD 1945 serta Menyanyikan Lagu-lagu Perjuangan yaitu Bagimu Negeri dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Adapun beberapa amanat Menkoinfo RI yang disampaikan Kapolres Sanggau yakni 115 Tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara telah menyala, dengan ditandai meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain dan Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional,” ucapnya.

Adapun 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional diantaranya Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.
 
“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, oleh sebab itu barisan perjuangan harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak dengan cara mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” ungkap Kapolres Sanggau.


Tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa status darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi telah dicabut, sehubungan dengan hal tersebut kita patut bersyukur yang mana barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

“Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai oleh seluruh komponen elemen bangsa dengan cara berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa,” kata Kapolres Sanggau membacakan Amanat Menkoinfo RI.

Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar yakni G20. Dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia, Pemimpin Indonesia dalam forum ASEAN Tahun 2023 telah menggelorakan semangat untuk bangkit dengan mewacanakan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

“Mengutip pernyataan dr. Soetomo bahwa generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya, dengan semangat yang sama diharapkan seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional,” teragnya.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, selalu berjuang, belajar, tumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” ujar Kapolres Sanggau.

Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional dilaksanakan dalam rangka menggelorakan semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya