» » » Zoom Meeting Arahan Karo Ops Polda Kalbar terkait Penyusunan dan Identifikasi Kerawanan Pemilu di wilayah Perbatasan

Zoom Meeting Arahan Karo Ops Polda Kalbar terkait Penyusunan dan Identifikasi Kerawanan Pemilu di wilayah Perbatasan

Penulis By on Selasa, 30 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di ruang PPKO Polres dilaksanakan kegiatan Zoom Meeting Arahan Karo Ops Polda Kalbar terkait Penyusunan dan Identifikasi Kerawanan Pemilu di wilayah Perbatasan.

Kegiatan Zoom Meeting dipimpin oleh Karoops Polda Kalbar Kombes Pol Mochamad Noor Subhan, S.I.K., M.H., yang dihadiri oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP., Kasatbinmas Polres Sanggau AKP Sukiswandi, Kasatintelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto, Pa Siaga Subbagbinops Bagops Polres Sanggau Iptu Suharyanto, SH, KBO Sat Reskrim Polres Sanggau Ipda Robianto, SH, KBO Sat Narkoba Polres Sanggau Ipda Supar.

Dalam arahannya, Karoops Polda Kalbar menyampaikan perkembangan situasi Kamtibmas terutama di wilkum Polres Sintang dan Polres Sekadau.

“Mengatensi TR dari Mabes Polri terkait perkembangan situasi menjelang Pemilu khususnya Wilkum yang memiliki perbatasan terkait kerawanan menjelang penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024,” ucapnya.

Situasi Demografis, Kerawanan daerah perbatasan, pola pengamanan oleh jajaran kewilayahan khususnya yang memiliki kawasan perbatasan di Kalbar antara lain Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang.

Sementara Wakapolres Sanggau dalam Paparannya menyampaikan Kondisi Geografi, Demografi wilayah Perbatasan Wilkum Polres Sanggau.

Kompol Kombo menyampaikan Polsek yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia yaitu Polsek Sekayam dan Polsek Entikong.


“Terdapat 4 Desa di Kecamatan Entikong dan 3 Desa di Kecamatan Sekayam yang berbatasan langsung dengan Negara malaysia. Wilkum Polres Sanggau berbatasan langsung dengan dua wilkum PDRM yaitu Polis Daerah Serian dan Polis Tebedu Malaysia,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Wakapolres Sanggau memaparkan jumlah TPS dan DPS di wilayah Perbatasan, dimana di Kecamatan Entikong terdapat sebanyak 56 TPS dengan Jumlah DPS 13.270 pemilih,sedangkan di Kecamatan Sekayam terdapat sebanyak 118 TPS dengan jumlah DPS sebanyak 29.255 orang serta Tingkat Partisipasi masyarakat dalam Pemilu di wilayah perbatasan.

“Jumlah DPS masih bersifat Dinamis, jumlah DPS terakhir mengacu Hasil DPHP KPUD Sanggau tanggal 12 Mei 2023,” ungkapnya.

“Langkah yang telah dilaksanakan oleh Polres Sanggau bersama Panitia Penyelenggara dan Pengawas PEMILU dalam rangka cipkon, mitigasi potensi kerawanan menjelang Pemilu serentak Tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Sanggau,” tambah Kompol Kombo.

Wakapolres juga menjelaskan Pola Pengamanan Perbatasan yang dilakukan oleh Polres Sanggau bersama Dinas Instansi terkait di Area Perbatasan di wilayah Kabupaten Sanggau.

Pelaksanaan kegiatan Zoom Meeting Arahan Karo Ops Polda Kalbar dalam rangka Penyusunan dan Identifikasi Potensi Kerawanan Pemilu dalam rangka Cipkon Harkamtibmas yang kondusif pada rangkaian penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024 di wilayah Perbatasan jajaran Kewilayahan Polda Kalbar terutama pada Wilkum Polres Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya