» » » Kegiatan Posyandu Serentak Polsek Meliau dalam Rangka Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Stunting

Kegiatan Posyandu Serentak Polsek Meliau dalam Rangka Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Stunting

Penulis By on Jumat, 21 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Koperasi Karyawan PT. BHD Desa Sungai Mayam Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Posyandu Serentak Polri Presisi Polsek Meliau dalam rangka sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting di wilayah Kecamatan Meliau bersama Puskesmas Meliau dan Puskesmas Harapan Makmur bekerjasama dengan PT. BHD (Bintang Harapan Desa).

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Kapolsek Meliau AKP Suwanto, SH, BATUUD Koramil Meliau Serka Mulyono, Manager PT. BHD Bpk. Iswanto, Pj. Kades Sungai Mayam Bpk. Sarkawi, Sekdes Kuala Buayan Sdr. Muhidin, Kepala Puskesmas Harapan Makmur dr. Afrinando Tambunan, Nakes Puskesmas Harapan Makmur, Nakes Puskesmas Meliau, Ketua Ranting Bhayangkari Meliau Ny. Asih Suwanto beserta pengurus, Personil Polsek Meliau, Babinsa Koramil Meliau, Karyawan PT. BHD, Pengurus PKK Desa Sungai Mayam, Ibu-ibu pendamping dan Balita Desa Sungai Mayam, Desa Kuala Buayan dan Desa Bhakti Jaya.

Dalam penyampaiannya, Kapolsek Meliau menjelaskan Kegiatan hari ini yaitu pencegahan dan penanganan Stunting yang merupakan program Pemerintah Pusat, sehingga kita dilibatkan untuk ikut serta mendorong dan menyukseskan program dimaksud.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PT. BHD yang telah mensupport kegiatan dan menyiapkan semuanya, sehingga kegiatan dapat terlaksana pada hari ini,” ucap Kapolsek.

“Saya mengharapkan kerjasama semua pihak untuk turut serta dalam pencegahan dan penanganan stunting guna menekan angka stunting, serta tumbuh kembang anak / Balita dapat lebih baik,” sambungnya.

Materi Sosialisasi akan disampaikan oleh Puskesmas Meliau dan Puskesmas Harapan Makmur.

Kapolsek berharap semoga anak-anak maupun Balita semuanya sehat, perlunya pengetahuan para ibu dalam melaksanakan pola asuh terhadap anak terutama menu makanan gizi sehat dan seimbang.

“Memohon maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini, masih terdapat kekurangan,” pungkasnya.

Sementara perwakilan Koramil Meliau menyampaikan permohonan maaf, Danramil tidak bisa hadir dikarenakan ada pelaksanaan kegiatan di Kodim 1204/Sgu.

“Kami mendukung terlaksananya kegiatan pada hari ini. Mari bersama-sama mencegah terjadinya stunting pada anak, sejak dini / baru lahir,” ucapnya.

“Semoga Balita yang ada di Kecamatan Meliau semuanya sehat dan baik,” pungkasnya.


Selanjutnya Pimpinan PT. BHD dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dari Desa Sungai Mayam, Desa Kuala Buayan dan Desa Bhakti Jaya pada pelaksanaan kegiatab hari ini.

“Kami sangat bangga, karena bisa terlibat dan ikut serta dalam pelaksanaan kegiatab pencegahan dan penanganan stunting di Kecamatan Meliau,” ucap Iswanto.

Dirinya mengatakan beberapa hari yang lalu, kami juga telah di undang dan ikut rapat di Polres Sanggau terkait stunting dan langkah pencegahannya. Kegiatan pencegahan dan penanganan stunting merupakan program pemerintah pusat, perintah yang disampaikan oleh Presiden kepada Kapolri, yang selanjutnya ditindak lanjuti sampai tingkat bawah.

“Kami ada menyediakan bingkisan berupa bahan makanan sehat yang diberikan kepada para Balita. Kami juga memberikan sayur mayur organik, yang didapatkan langsung dari para karyawan hasil tanam sendiri,” katanya.

“Semoga balita yang ada di Kecamatan Meliau semua sehat-sehat dan tidak ada yang terkena stunting,” tukasnya.

Sementara Materi sosialisasi yang disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan diantaranya Penjelasan tentang stunting, faktor penyebab dan dampak stunting, Intervensi Gizi Spesifik, Gizi Ibu Hamil, Gizi Balita, Makanan Sesuai Umur Balita, Jenis Tekstur MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) dan Intervensi Gizi Sensitif.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bingkisan paket makanan sehat berupa Sayur Mayur Organik, Telur, Kacang Hijau dan Vitamin Anak.

Adapun Posyandu yang mengikuti kegiatan sebanyak 12 Posyandu dan jumlah anak kategori Stunting sebanyak 18 Orang dianyatanya Desa Sungai Mayam 4 Posyandu dan 4 Balita, Desa Kuala Buayan 7 Posyandu dan 4 Balita serta Desa Bhakti Jaya 1 Posyandu dan 10 Balita.

Terhadap Orang Tua Kandung / yang mendampingi diberikan makanan sehat siap santap berupa Nasi, Ayam Goreng, Daging Sapi Rendang, Tahu Goreng dan Sayur.

Kapolsek Meliau AKP Suwanto menjelaskan dilaksanakannya kegiatan sebagai bentuk tindaklanjut atensi pimpinan dalam rangka menyukseskan program Pemerintah dalam mencegah, penanganan serta menekan angka stunting di Wilkum Polres Sanggau khususnya di Wilayah Kecamatan Meliau.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Ibu guna merubah mindset / pola pikir terkait pola asuh serta pemenuhan gizi sehat dan seimbang untuk tumbuh kembang balita khususnya terhadap keluarga beresiko stunting di Kecamatan Meliau,” tukasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya