» » » Polri Peduli Lingkungan, Polres Sanggau Bersihkan Bantaran Sungai Kapuas

Polri Peduli Lingkungan, Polres Sanggau Bersihkan Bantaran Sungai Kapuas

Penulis By on Kamis, 13 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Dalam rangka Polri Peduli Lingkungan dengan tema membersihkan sampah serentak, Puluhan personel Polres Sanggau termasuk personel Polsek jajaran melaksanakan aksi membersihkan sampah di Depan Keraton Surya Negara Sanggau, Bantaran Sungai Kapuas yang ada di depan Keraton Surya Negara Sanggau, Dermaga Penyebrangan Long boad Erna Kelurahan Beringin, Dermaga Penyebrangan Long Boad Meliau Kelurahan Beringin dan Dermaga Lyman PT. Erna Djuliawati Kelurahan Beringin.

Aksi peduli lingkungan ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, dan juga merupakan atensi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang mengintruksikan seluruh jajaran Polda dan Polres yang ada di seluruh Indonesia.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Apel di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau  dipimpin oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Albarti Kombo, S.I.K, M.A.P diikuti oleh PJU Polres Sangga, Kapolsek Kapuas, Personil Polres Sanggau dan Polsek Kapuas, Kodim 1204 Sanggau, Personil Brimob Polda Kalbar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, BPBD dan Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau.

Dalam arahannya, Wakapolres mengatakan bahwa membersihkan bantara sungai Kapuas merupakan Program Kerja Polri terkait dengan Polri Peduli Lingkungan.

“Saya minta agar seluruh personil yang melaksanakan kegiatan untuk dapat dibagi dua kelompok,” ucapnya.

Lanjut Kompol Kombo, Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk sinergitas TNI / Polri dan Instansi terkait dalam menjaga lingkungan.


“Kegiatan kita di bantaran Sungai Kapuas agar kita berhati-hati dalam melakukan kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Selanjutnya sekira jam 08.30 WIB dilaksanakan giat Membersihkan Bantaran Sungai Kapuas yang ada di depan Keraton Surya Negara Sanggau, Dermaga Penyebrangan Long boad Erna Kelurahan Beringin, Dermaga Penyebrangan Long Boad Meliau Kelurahan Beringin dan Dermaga Lyman PT. Erna Djuliawati Kelurahan Beringin.

Wakapolres Sanggau mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak yang oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan sebagai wujud kehadiran Polri dan kepedulian lingkungan sekitar dan fasilitas umum masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan aksi pembersihan sampah ini tentunya akan mencegah penyebaran penyakit, menciptakan keindahan lingkungan dan memperlancar saluran air (drainase) yang ada disekitar lingkungan,” terangnya.

Persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab kita bersama, tentunya hal ini harus disikapi dengan baik agar tidak merusak lingkungan, sehingga suasana lingkungan terlihat asri. “Dengan rasa kebersamaan dan dukungan dari semua pihak, persoalan sampah akan dapat teratasi dengan baik dan kebersihan lingkungan dapat terjaga,” tukas Kompol Kombo.

Giat Membersihkan Bantaran Sungai Kapuas yang ada di depan keraton Surya negara sanggau merupakan tindak lanjuti program Polri dalam Peduli Lingkungan dengan menjaga ke bersihkan lingkungan di sekitaran sungai Kapuas.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya