» » » Wakapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Patuh Kapuas 2023

Wakapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Patuh Kapuas 2023

Penulis By on Senin, 10 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di halaman Mapolres Sanggau dilaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Patuh Kapuas tahun 2023 di wilayah hukum Polres Sanggau.

Bertindak selaku Inspektur apel yaitu Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P, Perwira apel Kasat Lantas Polres Sanggau Iptu Yunita Puspita Sari, S.Tr.K., S.I.K., Komandan apel Kanit Laka Sat Lantas Polres Sanggau Ipda Firman S, serta dihadiri pejabat instansi samping yaitu Pasi Ops Kodim Sanggau Kapten Inf Yunus dan Kepala Jasa Raharja Cabang Sanggau Rendi.

Sedangkan para peserta apel terdiri dari 1 Peleton Perwira Polres Sanggau, 1 Peleton gabungan staf Polres Sanggau, 1 Peleton Sat Sabhara Polres Sanggau, 1 Peleton Sat Lantas Polres Sanggau, 1 Peleton gabungan (Sat Intelkam, Sat Res Narkoba, Sat Reskrim, dan Sat Tahti), Personil Kodim 1204 Sanggau, Personil Dinas Perhubungan Sanggau, dan Personil Subdenpom XII/1-2 Sanggau.

Pada saat pelaksanaan apel Inspektur apel telah menyematkan pita tanda Operasi Patuh Kapuas tahun 2023 kepada 3 orang perwakilan yaitu anggota Sat Lantas Polres Sanggau Briptu Sandi Giovano, SH, anggota Subdenpom XII/1-2 Sanggau Prada Muhammad Taufik, dan staf Dishub Sanggau Dedi Ardiansyah.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo membacakan Amanat dari Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto.

Mengawali amanatnya Kapolda Kalbar mengatakan kita perlu menyadari bahwa lalu lintas adalah urat nadi kehidupan. segala jenis mobilisasi yang ada di jalan-raya telah mengoneksikan setiap individu manusia dan berkorelasi terhadap berjalannya roda kehidupan baik dalam sektor pemerintahan, perekonomian, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, kegiatan pemolisian dalam mewujudkan “Road Safety Zero Accident” atau lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar harus dikedepankan sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian terhadap masyarakat.

“Kecelakaan kerap kali diawali dengan adanya pelanggaran. Jika melihat tren angka laka lantas di Provinsi Kalimantan Barat dalam 6 bulan terakhir, masih terdapat 573 peristiwa kecelakaan lalu lintas yang direkapitulasi oleh jajaran Polda Kalimantan Barat. Kecelakaan yang menelan korban meninggal-dunia sebanyak 224 orang; korban luka berat 275 orang; dan luka ringan mencapai 429 orang,” katanya.

Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat pelanggaran dan resiko kecelakaan lalu lintas di Provinsi Kalimantan Barat masih relatif tinggi dan perlu menjadi perhatian bersama. Kolaborasi dan langkah partnership dengan berbagai pihak guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan etika dan aturan berkendara, hingga upaya dalam menyediakan berbagai fasilitas jalan yang baik dan memenuhi standar keselamatan sangatlah penting untuk menciptakan situasi lalu lintas di Kalimantan Barat yang aman, selamat, tertib, dan lancar.

Kapolda Kalbar mengungkapkan bahwa Operasi Patuh Kapuas 2023 yang akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari  tanggal 10 Juli S.D. 23 Juli 2023 ini perlu dilaksanakan secara maksimal untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan tema operasi, “Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Merupakan Cermin Moralitas Bangsa”, maka perlu kita jadikan momen ini sebagai titik balik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Berbagai pola tindakan kepolisian yang sudah tidak relevan dan jauh dari skema pemolisian kontemporer harus segera ditinggalkan untuk mewujudkan polri presisi yang diharapkan dan dicintai masyarakat.

“Perlu saya ingatkan kembali, bahwa saat ini kita memasuki era Citizen Journalism. Media sosial menjadikan ‘dimanapun, siapapun, kapanpun’ bisa menjadi sumber berita sehingga semua peristiwa menjadi lebih terbuka. oleh karenanya, kesempurnaan dalam pelayanan menjadi tuntutan masyarakat dalam menjalankan tugas kita sebagai seorang insan Bhayangkara,” ucapnya.


Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, Kapolda Kalbar menyampaikan kepada seluruh personel yang melaksanakan Operasi Patuh Kapuas 2023 agar mempedomani beberapa hal, pertama , Siapkan performa masing- masing personel, dan niatkan tugas ini sebagai ibadah kepada Tuhan YME, kedua, Kedepankan Skema Ultimum Remedium atau penegakan hukum sebagai alternatif terakhir. Berikan edukasi dan pola-pola pencegahan dengan cara yang tepat dan dapat dipahami masyarakat.

Ketiga, Guna menurunkan fatalitas kecelakaan, bertindaklah secara profesional, proporsional dan tegas, namun tetap humanis terhadap para pelaku pelanggar lalu lintas, keempat, Laksanakan pemetaan terhadap blackspot rawan kecelakaan lalu lintas dan counter opini terhadap berita-berita hoax negatif terkait lalu lintas yang dapat merugikan masyarakat dan kelima, Jalin kerja sama, sinergi, kolaborasi dan soliditas dengan pihak-pihak yang terlibat, serta  Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas sebagai teladan bagi masyarakat, rekan dan keluarga dalam patuh berlalu lintas.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel jajaran Polda Kalbar, seluruh mitra, serta seluruh Stakeholder terkait yang terlibat dalam Operasi Patuh Kapuas 2023 Ini,” kata Kapolda Kalbar.

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik dan ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 di Polres Sanggau. Lomba kebersihan asrama juara pertama Anggota Sat Binmas Polres Sanggau Bripka Didi Rusdiyana, juara kedua Kasat Res Narkoba Polres Sanggau AKP Donny Sembiring, SH dan juara 3 KBO Sat Res Narkoba Polres Sanggau Ipda Supar.

Selanjutnya Lomba PBB (Peraturan Baris-Berbaris) tingkat SMA diraih oleh MAN Sanggau. sedangkan Lomba PBB (Peraturan Baris-Berbaris) tingkat SMP juara pertama diraih SMPN 1 Sanggau dan juara kedua diraih SMPN 2 Sanggau.

Usai pelaksanaan Apel gelar pasukan Wakapolres Sanggau Kompol Kombo mengatakan kegiatan Operasi Kepolisian Patuh Kapuas tahun 2023 dilaksanakan selama 14 hari TMT tanggal 10 Juli 2023 s/d tanggal 23 Juli 2023 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas pasca peringatan Hari Bhayangkara tahun 2023.

“Tujuan Operasi Kepolisian Patuh Kapuas tahun 2023 yaitu menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu-lintas, dan angka fatalitas, serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu-lintas baik sebelum dan pasca Operasi Patuh 2023,” ucapnya.

Wakapolres Sanggau juga mengatakan dalam Operasi Kepolisian Patuh Kapuas tahun 2023 ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranta Melaksanakan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi rawan kemacetan, Melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas, Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu-lintas.

“Melaksanakan Gakkum secara elektronik serta teguran subjektif terhadap pelanggar lalu-lintas, Melaksanakan counter opini terhadap berita hoaks di medsos, media online, maupun media mainstream terkait Operasi Patuh 2023 serta Kegiatan lainnya yang mendukung operasi Patuh 2023,” pungkasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya