» » » Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Karhutla Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Karhutla Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Penulis By on Rabu, 02 Agustus 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Lapangan Taman Sabang Merah Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Karhutla Kabupaten Sanggau Tahun 2023.

Sekalu Pimpinan Apel Danrem 121/ABW Brigjen Tni Pribadi Jatmiko dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Forkopimda Kabupaten Sanggau, Sekda Kabupaten Sanggau, Kapolsek Jajaran, para Danramil, Camat, Kepala OPD, Barisan TNI Polri, Pemuda Pancasila Sanggau, Sat Pol PP dan Damkar Sanggau, UPT KPH Wilayah Sanggau Timur, Manggala Agni Sanggau, BPBD Sanggau, Satpam dan Pemadam PT. ASP dan PT. Finantara, Tagana Sanggau, Dinas Kesehatan, Dinas LH Sanggau, Komunitas Jeep Sanggau dan Terabas Sanggau, SMK PDN Sanggau, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.

Dalam amatannya Danrem 121/ABW mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini kondisi cuaca berbeda dengan 3 tahun sebelumnya. BMKG sudah memprediksi tahun ini, Indonesia mengalami kemarau yang lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk di Provinsi Kalbar yang merupalam salah satu dari 6 Provinsi prioritas dalam penangganan Karhula.

“Bila kita melihat kejadian baru-baru ini terjadi pembakaran 60 Hektar lahan di Kubu Raya yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab serta tahun 2015 dan 2019 yang lalu Karhutla yang terjadi cukup masif, yang tidak hanya terdampak terhadap lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial hingga kesehatan masyarakat,” katanya.

Brigjen Tni Pribadi Jatmiko mengajak seluruh personil yang hadir dapat turun langsung kelapangan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar kejadian tahun 2015 dan 2019 tidak terjadi kembali.

Kegiatan Apel gelar kesiapsiagaan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil maupun peralatan yang akan digunakan untuk mampu menghadapi Karhutla di wilayah Kalbar.

“Apel ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial, namun menjadi momentum untuk meningkatkan koordinasi antar kementrian lembaga maupun dinas di daerah untuk mengantisipasi potensi bencana Karhutla,” ucapnya.


Untuk itu, lanjutnya, mari kita bersama menyatukan pikiran dan tindakan untuk sama-sama bersatu padu dari pusat hingga daerah untuk mengutamakan pencegahan sebelum Karhutla terjadi.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Tni Pribadi Jatmiko menyampaikan beberapa penekanan yang perlu disampaikan diantaranya Ketahui tugas masing-masing bidang, Koordinasi melekat antar Instansi terkait dalam penangganan Karhutla, Jaga Keamanan dan Keselamatan personil yang bekerja.

“Utamakan faktor keselamatan kerja dalam penangganan Karhutla, Setiap Individu harus memiliki moral tanggung jawab untuk menjaga hutan dan lahan dari pembakaran yang tidak bertangung jawab,” lanjutnya.

Dirinya juga menghimbau masyarakat agar sama-sama menjaga hutan dari kebakaran yang menimbulkan dampak buruk bagi kelangsungan hidup kita bersama.

“Tangkap dan berikan sanksi hukum kepada pelaku pembakaran yang tidak sesui prosedur yang telah diatur didalam aturan berlaku,” tegasnya.

Dalam Pelaksanaan Apel tersebut, Danrem 121/ABW menyerahkan secara Simbolis piagam penghargaan kepada PT. ASP dan PT. Finantara atas partisipasi sebagai koordinator dari pihak perusahaan.

Dilaksanakannya Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Karhutla Kabupaten Sanggau Tahun 2023 berdasarkan Instruksi Gubernur Kalbar Nomor: 600.4.10.4/1770/LHK tanggal 11 April 2023 tentang Pengendalian Karhutla Tahun 2023 dan Keputusan Bupati Sanggau Nomor: 92/BPBD/2023 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan lahan di Kabupaten Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya