» » » Rapat Koordinasi Dalam Rangka Tindak Lanjut Penanganan dan Pencegahan Stunting di Wilayah Kabupaten Sanggau

Rapat Koordinasi Dalam Rangka Tindak Lanjut Penanganan dan Pencegahan Stunting di Wilayah Kabupaten Sanggau

Penulis By on Selasa, 01 Agustus 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar Rapat Koordinasi Bersama Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan dalam rangka tindak lanjut Penanganan dan Pencegahan Stunting di Wilayah Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Graha Wirapratama Polres Sanggau Jln. Jend. Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Rapat Koordinasi dipimpin oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P, didampingi Kabag Ops Polres Sanggau AKP Agustana Eka Kusuma, S.I.K, M.A.P, Kasat Reskrim Polres Sanggau Iptu Indrawan Wira Saputra, S.T.K, S.I.K, yang dihadiri oleh Kabag SDM Polres Sanggau AKP Harsoyo, S.Mn., MM, para Kasat, Wakapolsek / Kasium Polsek jajaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Pimpinan Manajemen PT. ASP Kecamatan Kapuas, PT. BTL Kecamatan Sekayam, PT ASL Kecamatan Tayan Hulu, PT. SURYA DELI II Kecamatan Kapuas, PT. MAS I Nadok Kecamatan Parindu, PT. PTLJ Kecamatan Kapuas, PT. BKP Kecamatan Beduai, PT. PT. MPE Kecamatan Mukok, PT. GKM Kecamatan Sekayam, PT. BTL Kecamatan Sekayam, PT. TBS Kecamatan Kembayan, PT. MKS Kecamatan Noyan, PT. BKP Kecamatan Entikong, PT. APS Kecamatan Tayan Hulu, PT. SABW Kecamatan Tayan Hulu, PTPN XIII Rimba Belian Kecamatan Kapuas, PTPN XIII Kecamatan Kembayan, PTPN XIII Gunung Mas Kecamatan Tayan Hilir, PTPN XIII Sui Dekan Kecamatan Meliau, PKS PTPN XIII Parindu, PTPN XIII Gunung Meliau, PT. BHD Kecamatan Meliau, PT. DSP Kecamatan Meliau, PT. CNIS Kecamatan Mukok, PT. KGP Kecamatan Tayan Hulu, PT. SJAL Kecamatan Tayan Hilir, PT. MSP Kecamatan Meliau, PT. ACP Kecamatan Tayan Hilir, PT. MSP Kecamatan Tayan Hilir, PT. MSP Kecamatan Meliau, PT. ACP Kecamatan Tayan Hilir, PT. MSP Kecamatan Tayan Hilir, PT ANTAM Kecamatan Tayan Hilir, PT. ICA Kecamatan Tayan Hilir, PT. DSM Kecamatan Toba, PT MPN Kecamatan Meliau, PT. PPC Kecamatan Meliau, PT. BKB Kecamatan Meliau, PT. ERNA Kecamatan Kapuas, PT MTI Kecamatan Toba.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Sanggau mengatakan Penanganan dan Pencegahan Stunting yang dilaksanakan oleh Polres Sanggau beserta Polsek jajaran menindaklanjuti Program Unggulan Kapolda Kalbar Polri Presisi Peduli Stunting.

“Polres Sanggau dan Polsek jajaran saat ini sedang fokus selama 6 Bulan kedepan terkait dengan kegiatan Posyandu Presisi sebagai tindak lanjut arahan Pemerintah dan Program Unggulan Kapolda Kalbar pada hari Jumat setiap minggu nya dengan sasaran ibu hamil dengan potensi melahirkan anak stunting dan Balita dengan potensi stunting,” ucapnya.

Kompol Kombo mengungkapkan tujuan mengundang pihak Manajemen Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau untuk meminta saran masukan serta bantuan terkait dengan kegiatan Posyandu Presisi dalam penanganan dan pencegahan stunting oleh Polres Sanggau dan Polsek jajaran.

“Untuk Hasil Rapat koordinasi akan disampaikan kepada Kapolres Sanggau untuk meminta petunjuk langkah kebijakan lebih lanjut,” ucapnya.

Wakapolres Sanggau juga akan menindaklanjuti permintaan dari pihak perwakilan manajemen perusahaan yang hadir terkait permintaan surat proposal guna disampaikan kepada Pimpinan / Owner Perusahaan terkait penyaluran bantuan.

Sementara Kabag SDM Polres Sanggau AKP Harsoyo dalam kesempatan tersebut memaparkan Rincian Anggaran Biaya Posyandu Presisi Polres dan Polsek jajaran.

AKP Harsoyo menjelaskan melalui kegiatan posyandu Presisi Polres Sanggau dan jajaran mencoba memberikan edukasi, pemahaman dan membantu memberikan gizi kepada anak dan ibu hamil berpotensi melahirkan anak stunting.


“Pemberian Asupan menu makanan dan bantuan asupan gizi berupa makanan soto kepada ibu, makanan pendamping asi dan makanan tambahan kepada anak stunting,” ucapnya.

Kabag SDM Polres Sanggau mengungkapkan bahwa Kegiatan Posyandu Presisi pada Polres Sanggau dan Polsek jumlah penanganan Stunting di minggu pertama target sebanyak 50 anak stunting, Polsek jajaran rata-rata target 20 anak stunting.

“Untuk kegiatan Posyandu Presisi Polres Sanggagu dan Polsek jajaran akan rutin dilaksanakan hari jumat setiap minggu fokus selama 6 bulan kedepan dengan esensi monitor perkembangan ibu dan anak,” jelasnya.

Adapun Menu makanan Posyandu Presisi Polres dan Polsek jajaran yakni Menu Makan Pagi anak 0-23 Bulan (ASI, Bubur Saring), anak 2-5 Th (ASI, Bubur Saring, Telur Rebus), Menu Makan Siang Anak Stunting 0-23 (Bulan ASI, Bubur Saring), anak 2-5 Th (ASI, Bubur Saring, Telur Rebus) sedangkan Ibu Hamil dan Menyusui Menu makan pagi (Soto ayam dan Telur Rebus), Makan siang (Nasi Putih Sayur Bayam, Hati Ayam Goreng dan Ikan Nila Goreng).

Perwakilan PT. APS Kecamatan Tayan Hulu menyambut baik dan mendukung program Posyandu Presisi Polres Sanggau dan Polsek Jajaran karena menyangkut masa depan SDM terutama di wilayah Kabupaten Sanggau.

Sedangkan dari Perwakilan PTPN XIII menyampaikan siap berpartisipasi mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Polrs Sanggau.

“PTPN XIII selama ini sudah menjalankan kegiatan serupa berupa Bhaksos kepada masyarakat di lingkungan perusahaan PTPN XIII yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

PTPN XIII lebih fokus terhadap kegiatan Bhaksos dan penanganan stunting dalam lingkup Kecamatan area perusahaan. Bentuk dukungan oleh PTPN XIII pada tanggal 28 Juli 2023 PTPN XIII telah memberikan bantuan kepada Polsek Meliau terkait kegiatan Posyandu Presisi.

Sementara Perwakilan dari PT. ICA Kecamatan Tayan Hilir menyampaikan bahwa PT. ICA telah menjalankan program serupa pemberian bantuan dengan bekerjasama dengan Puskesmas terutama di Kecamatan Tayan Hilir saran mungkin Polsek bisa Koordinasi lebih lanjut dengan Puskesmas guna mathcing kegiatan yang akan dilaksanakan.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Bersama Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan di wilayah Kabupaten Sanggau dalam Rangka Tindak Lanjut terhadap Penanganan dan Pencegahan Stunting melalui Program Posyandu Presisi Polres Sanggau dan Polsek jajaran.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya