» » » Safari Karhutla Polsek Toba diwilayah di Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba

Safari Karhutla Polsek Toba diwilayah di Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba

Penulis By on Minggu, 20 Agustus 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Dusun Belungai Dalam Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba dilaksanakan kegiatan Safari Karhutla dalam rangka Pencegahan dan Penanganan Karhutla diwilayah Kecamatan Toba.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Toba Iptu Nana Supriatna dengan menyertakan Ps. Kanit Intelkam Aipda R. Sinaga dan Bhabinkamtibmas Bripka Gusti Harbani Amri serta dihadiri Kades Belungai Dalam Sdr. Masrandi, Kawil Belungai Dalam Sdr. Raden Hardiyono, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agaman dan Masyarakat Dusun Belungai Dalam.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Toba menyampaikan ucapan terimakasih kepada Masyarakat yang bersedia meluangkan waktu dalam kegiatan Safari Karhutla yang dilaksanakan Polsek Toba.

“Kegiatan bertujuan guna menjalin Silaturahmi kepada masyarakat sehingga Komunikasi yang sebelumnya sudah terbentuk baik menjadi semakin lebih baik,” ungkapnya.

Menyikapi Kondisi saat sekarang terkhusus Karhutla, Iptu Nana mengatakan banyak hal yang harus menjadi Perhatian yaitu Cuaca asap yang menimbulkan gangguan kesehatan, terganggunya belajar mengajar pendidikan sekolah serta tidak menutup kemungkinan terjadinya hal lain yang dapat merugikan masyarakat.

“Saat ini, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan yang memperbolehkan Masyarakat untuk membuka lahan dengan cara Membakar akan tetapi hal ini harus dilakukan secara prosedur dan mekanisme yang baik sehingga tidak menimbulkan Hot Spot yang berlebihan,” ucapnya.

Adapun yang harus dilakukan saat sekarang yakni melalui Kades, Kawil, Perangkat Desa dan Todat agar menyampaikan kepada masyarakat agar membatasi pembukaan lahan dengan cara dibakar.


“Lakukan secara terjadwal / bergantian ataupun tidak dilakukan secara serempak sehingga tidak menimbulkan banyak Hotspot, kecilkan luasan pembakaran,” kata Kapolsek.

Atur waktu yang tepat, sarana Prasarana yang memadai serta persiapan sekat pembakaran, koordinasikan hal ini kepada Perusahaan diwilayah Belda yaitu SAP (Surya Agro Palma) sehingga dapat membantu pelaksanaan pemadaman.

“Wilayah Dusun Belungai Dalam terdapat wilayah yang memiliki lahan Gambut, ini menjadi perhatian untuk kita semua, jangan sampai terjadi pembakaran dilahan Gambut, hal ini menyalahi aturan dan pasti akan dilakukan penindakan. Dan saya minta kepada seluruh pihak untuk bekerja sama dalam hal menekan terjadinya Karhutla terkhusus diwilayah Belungai Dalam,” papar Iptu Nana.

Adapun tanggapan Masyarakat melalui Kades dan Kawil yakni menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolsek dan Personil yang telah melakukan Safari Karhutla pada hari ini.

Secara Umum Informasi terkait adanya Masyarakat yang akan membuka lahan dengan cara dibakar secara rutin telah disampaikan kepada Personil Polsek Toba. Dalam hal Pembakaran selalu berkordinasi dengan PT. SAP Divisi 5 dan 6.

“Arahan maupun Petunjuk yang disampaikan oleh Kapolsek akan secara berjenjang disampaikan kepada masyarakat, berdasarkan Data yang ada tersisa beberapa lagi masyarakat yang akan membakar, info lanjut akan disampaikan,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari Satuan Atas dalam rangka menekan terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan diwilayah Kecamatan Toba, diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat diterima oleh masyarakat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan Optimal.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya