» » » Kasat Binmas Polres Sanggau Hadiri kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar dan Launching Gerakan Satu Sekolah Satu Sanggar

Kasat Binmas Polres Sanggau Hadiri kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar dan Launching Gerakan Satu Sekolah Satu Sanggar

Penulis By on Sabtu, 16 September 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau dilaksanakan Kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) dan Launching Gerakan ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’.

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M, Kepal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Alipius, M.Si, Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Sukiswandi, Ketua PKK Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apaulina Paoulus Hadi, S.Pd.,M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Epifania Ratih Kumala Dewi, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Agustini Ramadhani, A.Ma, Perwakilan OPD Kabupaten Sanggau dan Peserta Seni Pelajar Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terimakasih kepada Tamu Undangan dan OPD serta Peserta Seni Pelajar Kabupaten Sanggau hadir pada kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) dan Launching Gerakan ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’.

Alipius menjelaskan, kegiatan Gebiar ini merupakan Program ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’ yang di rancang oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau sebagai wadah pelajar mengekspresikan bakat dan kreativitas dalam pengembangan budaya.

“Kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) juga dapat dijadikan sebagai Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik / anak-anak Kabupaten Sanggau yang bertujuan agar mempunyai kompetensi tinggi, baik hardskills maupun softskills,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan maksud dan tujuan pergelaran ini adalah sebagai pembinaan seni dan budaya daerah Kabupaten Sanggau kepada generasi muda guna memastikan terjadinya regenerasi melalui Pagelaran Budaya kepada Siswa / Anak-anak Kabupaten Sanggau.

“Gebiar Seni ini mengandung berbagai nilai budaya yang positif yang bisa bermanfaat bagi perkembangan kepribadian anak, baik pada usianya sebagai anak-anak maupun kelak setelah menjadi manusia dewasa,” ucapnya.

“Diharapkan Program ini dapat menghasilkan anak-anak yang bertalenta pada Seni dan Budaya di Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.


Sementara Sekda Sanggau dalam sambutannya mengatakan kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) dan Program Gerakan ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’ bertujuan untuk meningkatkan SDM yang unggul untuk menyongsong cita-cita kemerdekaan sebagaj bangsa berkarakter dan cerdas yang mampu bersaing dan bahkan berdiri sendiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengemban amanat untuk mengendalikan pembangunan SDM melalui ikhtiar bersama semua anak bangsa dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan,” ungkap Kukuh.

Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan melalui pendekatan guru dan siswa secara langsung melalui kegiatan Intra-Kurikuler, Ko-Kurikuler, dan Ekstra-Kurikuler pada setiap jenjang pendidikan. Selain itu PPK dilaksanakan melalui pendekatan budaya.

“Dukungan penuh dan apresiasi juga patut diberikan terhadap Gerakan ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’. Gerakan ini selain sebagai wujud sinergisitas serta kolaborasi pelestarian budaya dan dunia Pendidikan, melalui pendirian Sanggar seni dan budaya di sekolah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka, mengekspresikan diri mereka dengan bebas, meningkatkan kreativitas mereka, dan memperluas wawasan mereka terhadap seni budaya dalam berbagai bidang seni seperti tari, musik, drama, dan seni rupa serta melibatkan kolaborasi dan interaksi dengan siswa lain, yang dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial mereka, seperti kerja tim, komunikasi dan kepemimpinan,” jelasnya.

Teerakhir, Sekda Sanggau mengucapkan selamat melaksanakan dan menyaksikan kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar ini, jaga ketertiban dan keamanan dan ikutilah rangkaian gelar budaya seni ini hingga di akhir acara nanti.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat Sah Daftar Sanggar Kepada 14 Sekolah Di Wilayah Kabupaten Sanggau oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Penandatangan Dukungan Gerakan Satu Sekolah Satu Sanggar serta Acara Pagelaran Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) yang diikuti oleh Pelajar Sekolah Tingkat TK, SD, SMP dan SMA Di Wilayah Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Gelar Budaya Seni Pelajar (GEBIAR) dan Launching Gerakan ‘Satu Sekolah Satu Sanggar’ Merupakan Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau yang bertujuan meningkatkan SDM yang unggul di bidang seni dan budaya serta meningkatkan kreativitas anak-anak di Kabupaten Sanggau dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya