» » » Wakapolres Sanggau Hadiri Penutupan Penutupan Rangkaian Kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023

Wakapolres Sanggau Hadiri Penutupan Penutupan Rangkaian Kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023

Penulis By on Minggu, 01 Oktober 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Keraton Surya Negara Sanggau Jl. Pangeran Mas Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Acara Penutupan Rangkaian Kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M., Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, S.H., S.I.K., Pasilog Kodim 1204/Sgu Kapten Inf Abdul Arif Siregar, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs. H. Gusti Arman, M.Si, Kadisporapar Kabupaten Sanggau L. Toto Martono, S.Sos, Kadis BMSDA Kabupaten Sanggau Ir. H. Jhon Hendri, M.Si, Ketua Panitia H. Syafriansyah, SP, MM, Tokoh Agama H. Ade Juandi, S.Pd.i, Tokoh Masyarakat H. Munawar, Ketua Paguyuban/Lintas Etnis, Kerabat Keraton dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau mengucapkan Salam Hormat dan pantun pembuka kepada para hadirin, tamu undangan yang hadir. Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan Rakhmat-Nya kita dapat berkumpul melaksanakan Penutupan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023 di Keraton Surya Negara Sanggau.

“Festival Faradje’ sudah 15 tahun kita laksanakan, maka dari itu untuk menjaga marwah budaya melayu kita wajib melestarikan dan mengembangkan adat melayu yang ada diwilayah kita,” ungkap Gusti Arman.

Demi keberagaman mari kita tunjukan bahwa kita kompak dan bersatu, dengan dilaksanakannya kegiatan Faradje’ sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk melestarikan budaya.

“Selain bentuk pelestarian budaya melayu banyak dampak positif yang kita dapatkan dari kegiatan Faradje’ ini salah satunya meningkatkan UMKM ditempat kita,” katanya.


“Terima kasih kepada pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Sanggau dibantu dengan TNI yang telah memberikan pengamanan dari awal rangkaian sampai dengan penutupan malam hari,” tukas Gusti Arman.

Sementara Sekda Sanggau dalam sambutannya mengucapkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan Rakhmat-Nya kita dapat berkumpul melaksanakan Penutupan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023 di Keraton Surya Negara Sanggau.

“Mewakili Pemda Kabupaten Sanggau, saya ucapkan terima kasih kepada Pangeran Ratu Surya Negara yang telah turut mengembangkan adat budaya yang ada di Kabupaten Sanggau,” ucap Kukuh.

Dirinya menugungkapkan bahwa pengembangan adat dan budaya merupakan salah satu visi dan misi serta program utama Bupati Sanggau demi mewujudkan keberagaman adat budaya yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Selamat atas suksesnya kegiatan ini, tetap pertahankan dan kembangkan terus untuk ditahun-tahun yang akan datang,” ungkapnya.

“Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan YME dengan ini Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XV Tahun 2023 di Keraton Surya Negara Sanggau saya nyatakan resmi ditutup (memukul Gong sebanyak 15 kali),” tukas Sekda Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya