» » » Kegiatan Audit Was Ops oleh Itwasda Polda Kalbar di Polres Sanggau

Kegiatan Audit Was Ops oleh Itwasda Polda Kalbar di Polres Sanggau

Penulis By on Selasa, 14 November 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang PPKO Lantai II Polres Sanggau dilaksanakan kegiatan Audit Was Ops dengan tujuan tertentu Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023-2024 Itwasda Polda Kalbar.

Kegiatan dipimpin oleh Ketua Tim Audit Was Ops Itwasda Polda Kalbar AKBP Yani Permana, S.I.K, MH, beserta Anggota Tim Kompol R. Pariman, SH, MH, Anggota Tim Samsul Huda, SH, MH, serta dihadiri Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M.A.P selaku Karendal Ops Res, para Kasatgas, Kasubsatgas beserta para Perwira yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024, Kapolsek Kapuas Iptu Marianus, Kapolsek Mukok Iptu Sutono dan Kapolsek Parindu Iptu Halasan Manurung.

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Sanggau mengatakan kami atas nama Polres sanggau mohon maaf jika dalam Penyambutan terdapat kekurangan, kami pada pagi ini siap menerima arahan dari Ketua Tim dalam pelaksanaan OMB Kapuas 2023-2024.

Kompol Wahyu juga memaparkan kesiapan OMB, Aspek Tri Gatra Wilkum Res Sanggau, Situasi Polres Man, Method, Money, Material.

Polsek Perbatasan, Tasbara dan Kerawanannya Klas A, Klas B dan Klas C, kondisi jalan tikus/ setapak dan potensi kejahatan transnasional di wil perbatasan.

Indikator 8 Asta siap kesiapan pam Pemilu 2024 (Siap Pilun, siap posko, siap Latpraops, Siap kondisi Kamtibmas, Siap masyarakat, Siap kuat Pers, Siap Sarpras, Siap anggaran).

Pola pam TPS Pemilu 2024, Pola pam diatur dengan pembagian kekuatan, rincian jumlah DPT, TPS dan Pola Pam serta Perkembangan Pendistribusian dan kesiapan Logistik Pemilu di Gudang KPU Kabupaten Sanggau.

Sementara Ketua Tim Audit Itwasda Polda Kalbar dalam arahannya mengatakan belum tergambar dari paparan yang disampaikan oleh Karendal Ops terkait real Jumlah Personil Polres Sanggau yang dapat dilibatkan di OMB Kapuas 2023-2024.

“Sementara Jumlah kendaraan yang dipergunakan dalam menyerap anggaran operasional rutin dan OMB Kapuas 2023-2024 belum terinci,” ucapnya.

“Terkait penyerapan Dana Satuan OMB Kapuas 2023-2024 harus ada rincian,” tambahnya.


AKBP Yani menjelaskan, terkait Panel Data di Polsek ditemukan belum adanya PIH dan Potensi Mitigasi Kerawanan dalam pelaksanaan OMB Kapuas 2023-2024.

Untuk Personil yang melakukan Pengamanan di Kantor KPU dan Bawaslu belum ada serta Belum tergambar Posko Pemenangan Capres di Wilayah Kabupaten Sanggau.

“Beri arahan kepada jajaran agar memahami Perkap Nomor 6 Th 2012 Tentang Tata Cara Pemberitahuan dan Penerbitan STTP Kampanye Pemilu,” pesannya.

Pelaksanaan Sispamkota harus ada kesiapan dalam pengamanan Objek Vital yang ada di Kota jika terjadi peningkatan eskalasi, undang berbagai pihak, Dinas Instansi, BUMN, BUMD dan Swasta dalam kegiatan Sispamkota.

“Saat ini kita sedang melaksanakan OMB, semua Personil baik yang terkena OMB maupun tidak harus bersama-sama mewujudkan kelancaran Operasi dan mensukseskan Pemilu,” pungkasnya.

Sementara Anggota Tim Was Ops Kompol Pariman meminta rincikan kembali terkait Personil yang terlibat dalam Operasi terutama terhadap personil yang akan memasuki pensiun.

“Khususnya personil yang berumur 50 tahun agar Karendal Ops bisa menempatkan personil tersebut ditempat yang landai,” pintanya.

Dirinya juga menyampaikan segala potensi kerawanan dalam rangkaian Tahapan Pemilu bermula dari Produk Intel dalam kesuksesan operasi, antisipasi potensi kerawanan di setiap tahapan. Terkait dengan penertiban pemasangan APK dan APS, jangan ikut campur pada kegiatan penurunan dan penertiban APK / APS, fokus kepada pengamanan kegiatan.

“Laksanakan Pendataan terhadap Posko pemenangan Capres. Untuk Polsek jajaran tidak mengetahui kendaraan Dinas mana yang menyerap dan dipergunakan pada OMB dan operasional Rutin,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan Audit Was Ops dengan tujuan tertentu pada Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023-2024 oleh Itwasda Polda Kalbar dalam rangka pengecekan terhadap kesiapan, meningkatkan efektivitas, efisiensi serta akuntabilitas sesuai dengan prosedur operasional dalam pelaksanaan tugas Kepolisian pada Operasi Mantab Brata Kapuas 2023-2024 Pemilu serentak Tahun 2024 khususnya di Wilkum Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya