» » » Kabagops Hadiri Rapat Koordinasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

Kabagops Hadiri Rapat Koordinasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

Penulis By on Sabtu, 16 Desember 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di aula Hotel Garden Palace dilaksanakan rapat Koordinasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, MH, Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto, Komisioner KPU Kabupaten Sanggau Vinsensius dan Suwindari, Sekretariat KPU Kabupaten Sanggau, serta Komisioner dan Sekretariat PPK se- Kabupaten Sanggau.

Kabagops Polres Sanggau dalam kegiatan tersebut menyampaikan terkait Persiapan Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024.

Polri memiliki tekad dan komitmen untuk membantu penyelenggara Pemilu Tahun 2024 dalam melaksanakan Pemilu yang aman dan lancar,” katanya.

Untuk Pola pengamanan, lanjut Kabagops, sudah direncanakan sedemikian rupa, sehingga dalam pengamanan seluruh objek dapat terkelola dan terkendali dengan baik.

Secara umum tugas Polri dalam pengamanan Pemilu tahun 2024 adalah melaksanakan operasi pengamanan guna mewujudkan situasi yang aman, tertib dan lancar. Untuk mewujudkan Pemilu damai, sejuk dan kondusif, TNI-Polri selaku aparat keamanan saling bersinergi dan tetap Netral dalam mengamankan gelaran Pemilu,” ucap Kompol Wahyu.

Adapun Dasar Hukumnya yakni Undang Undang Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilu, Nota Kesepahaman antara KPU dengan Polri nomor 09/PR.07- NK/01/2022 dan nomor NK/50/XII/2022 tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan Pemilu dan dan Pemilihan serentak tahun 2024 serta Surat Kapolri nomor: STR/1380/XI/OPS.1.1.1./2023 tanggal 24 November 2023 tentang pelaksanaan pamwal distribusi surat suara pemilu 2024.


Dirinya juga menyampaikan Penekanan dalam Pelaksanaan Pengamanan dan Pengawalan Surat Suara serta Potensi permasalahan dalam Distribusi Surat Suara.

“Untuk Titik Lokasi Rawan Pendistribusian Logistik diantaranya Kecamatan Entikong dari jumlah 56 tps ada 4 TPS kategori rawan yang berada di Desa Suruh Tembawang yakni Dusun Badat Lama, Dusun Badat Baru, Dusun Gun Tembawang dan Dusun Gun Jemak, yang melatarbelakangi atau menjadi alasan antara lain Jarak TPS berjauhan, Tidak ada sinyal, Medan jalan berat apabila hujan licin / jalan tanah dan Berbatasan langsung dengan Malaysia Dusun Suruh Tembawang,” ucapnya.

Serta di Kecamatan Toba TPS rawan, antara lain Desa Kampung Baru (TPS 2 RT. 08 Dusun Kelapuk Desa Kampung Baru, TPS 4 RT. 11 Dusun Tanjung Jangan Desa Kampung Baru, TPS 1 Dusun Bagan Asam Desa Bagan Asam, TPS 2 Dusun Mentuak Desa Bagan Asam) pemetaan rawan sebagai berikut Jarak dari Kecamatan membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam jalur sungai, antara TPS waktu tempuh 1 jam jalur sungai, pemukiman rawan banjir, tidak terdapatnya signal komunikasi dan lokasi TPS berbatasan dengan Kab. Kuburaya dan Ketapang.

Kompol Wahyu juga menyampaikan Penjelasan Cara Bertindak dalam Pendistribusian Logistik. Serta Kuat Personil Polres Sanggau dalam Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024.

Sedangkan Logistik yang sudah ada di gudang s/d tgl 12 des 2023, Bilik suara 6.770 pcs, Kotak suara 8.490 pcs, Surat suara 1.101.963 pcs, Tinta 11 koli (3.390 pcs) dan Segel sticker logo KPU sebanyak 82 dus (162.771 pcs).

Terakhir dalam materinya Kabagops mengajak Penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu, semua unsur yang terlibat serta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga stabilitas keamanan dalam rangka pemilu 2024 agar berjalan dengan lancar dan damai.

Rapat Koordinasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait Persiapan pengamanan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024 agar dapat terkoordinasi dengan baik antara Polri, Penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu serta seluruh unsur yang terlibat.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya