» » » Wakapolres Sanggau Pimpin Latpraops Lilin Kapuas 2023

Wakapolres Sanggau Pimpin Latpraops Lilin Kapuas 2023

Penulis By on Rabu, 20 Desember 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang PPKO Polres Sanggau, Jl. Jendral Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Kegiatan Latpraops “Lilin Kapuas 2023” Polres Sanggau.

Kegiatan dipimpin oleh Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K serta dihadiri oleh Kabagops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M.A.P, PJU Polres Sanggau Pejabat Operasi Lilin Kapuas 2023 dan Kapolsek Jajaran secara Virtual.

Dalam kesempatan tersebut Kabagops Polres Sanggau menyampaikan Satgas Operasi Polres Sanggau beserta Polsek Jajaran dengan didukung TNI, Instansi /Dinas /Badan dan Mitra Kamtibmas menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi “Lilin Kapuas-2023” yang dilaksanakan selama 10 (Sepuluh) hari dari tanggal 23 Desember 2023 s/d 1 Januari 2024.

Ops Lilin Kapuas 2023 mengedepankan kegiatan Pencegahan didukung Deteksi dan Penegakan Hukum dalam rangka Pengamanan Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal Dan Tahun Baru dengan rasa Aman dan nyaman.

Kompol Wahyu mengatakan untuk Kekuatan personil yang terlibat sebanyak 105 Personil terdiri dari 17 Personil Pejabat Operasi, 76 Personil Pos Terpadu dan Pos Pam dan 13 Personil Pendukung Ops, 250 Personil Pam Gereja dengan total 355 Personil.

“Untuk Black Spot Polres Sanggau berada di Jembatan Tayan Desa Pulau Tayan dan Jalan Trans Kalimantan Dusun Telabang Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Sementara Penempatan Pospam, Posyan dan Pos Terpadu, Lanjut Kabagops, terdiri dari Pos Yan Pasar Pujasera Jl. A. Yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas, Pos Pam Pasar Parindu Jl. Raya Bodok Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu, Pos Terpadu PLBN Entikong Kecamatan Entikong, Pos Pam Simpang 3 Sosok Jl. Raya Sosok Kecamatan Tayan Hulu, Pos Pam Simpang Ampar Jl. Trans Kalimantan Kecamatan Tayan Hilir, Pos Pam Danau Belibis Jl. Raya Trans Kaliamntan Kecamatan Tayan Hilir dan Pos Pam Subah Jl. Raya Trans Kaliamntan Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau.


Dalam giat Latpraops tersebut juga Kabagops menyampaikan terkait Timeline Operasi Lilin Kapuas-2023, Sasaran dan Target Oeprasi meliputiOrang, Benda / Barang, Kegiatan dan Lokasi, Penyampaian terkait cara bertindak Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops, Mapping Rencana Pengamanan Gereja Tahun 2023, Antisipasi bencana alam Tanah Longsor, Banjir dan Angin Puting Beliung, Objek pengamanan pada malam Tahun Baru 2024 serta Perkiraan ancaman pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sementara Kasat Intelkam Polres Sanggau dalam paparannya menyampaikan Perkiraan Intelijen menghadapi perayaan Natal 2023 dan tahun Baru 2024.

Iptu Suhartono juga memaparkan Objek Pengamanan Pusat Perbelanjaan, Gereja/Tempat lain yang digunakan dalam Ibadah Natal, Sasara Ops Lilin Kapuas 2023 segala bentuk PG, AG & GN, sebelum, pada saat & pasca Operasi Lilin Kapuas-2023 yg dapat menghambat & ganggu giat operasi, Penyampaian Data Gereja yang menjadi Prioritas Pengamanan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Kapuas-2023 sebanyak 72 Gereja terdiri dari 43 Gereja Kristen dan 29 Gereja Katolik, Penyampaian data terkait Objek Wisata yang akan digunakan hari libur Natal dan tahun Baru dan Perkembangan stok dan harga Sembako di Kabupaten Sanggau.

“Berdasarkan prakiraan peluang curah hujan dasarian II tgl 11-20 Des 2023 terdapat indikasi peluang curah hujan >100 mm/dasarian pada beberapa Kab/Kota di Provinsi Kalbar. Kondisi ini dapat diikuti antara lain meningkatnya potensi longsor pada daerah berlereng, potensi kejadian banjir pada kawasan perumahan, bantaran sungai, maupun lahan pertanian perkebunan & potensi rusaknya tanaman pertanian/Perkebunan,” terangnya.

Terakhir Kasat Intelkam Polres Sanggau memaparkan Prediksi kerawanan umum dan Khusus dalam Ops Lilin 2023, data kejadian Teror Natal dan Tahun Baru yang menonjol serta provokasi di Media Sosial terkait Natal dan Tahun Baru.

Dilaksanakan kegiatan Latpraops “Lilin Kapuas 2023” Polres Sanggau dalam rangka persiapan Personil Polres Sanggau dalam melaksanakan pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya